Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

Keutamaan Dan 5 amalan di hari jumat

3 min read

amalandi hari jumat

Hari Jum’at adalah hari raya bagi umat muslim, dan apakah kita sudah mengerti tentang apa saja amalan di hari Jumat?

Hari Jum’at juga memiliki banyak sekali keutamaan. Dan banyak sekali pahala-pahala yang akan Allah berikan kepada hamba Nya yang beribadah di hari jumat.

Berikut adalah beberapa amalan di hari Jumat yang bisa di amalkan untuk kita semua, dan semoga bisa bermanfaat.

“Selamat hari Jum’at. Semoga doa-doa yang kita langitkan hari ini, akan Allah kabulkan suatu hari nanti. Percayalah, tidak akan ada doa yang sia-sia selama kita percaya bahwa Allah adalah segalanya.”

Hari Terbaik Dalam Sepekan

hari terbaik dalam sepekan
pixabay.com

Arti kata Jum’at berasal dari bahasa Arab “Jum’ah” yang mempunyai arti berkumpul, sebab pada hari itu semua orang Islam yang laki-laki akan berkumpul saat melaksanakan ibadah sholat Jumat.

Rasulullah bersabda. “Hari terbaik adalah di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Saat hari itu nabi Adam Alaihis Salam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (Riwayat Muslim)

  • Hari Jum’at merupakan hari yang paling baik diantara semua hari bagi umat muslim, atau disebut sebagai sayyidul ayyam (pemimpin hari-hari) lainnya.
  • Hari Jum’at memiliki keutamaan yang tidak dimiliki hari lain. Kedudukannya di bandingkan dengan hari lain, seperti bulan Ramadhan terhadap bulan yang lain dan waktu ijabah doa pada hari itu sebagaimana lailatul qadar pada bulan Ramadhan.
  • Hari Jum’at juga menjadikan cermin untuk kualitas amal kita selama sepekan, sebagaimana juga seperti bulan ramadhan yang menjadi cerminan amal kita selama setahun, apabila amal kita pada hari Jum’at tersebut baik, maka amal kita dipekan tersebut juga bisa dikatakan baik, sebagaimana ramadhan, jika ibadah didalamnya baik, maka baik pula ibadah tahun itu.
  • Oleh sebab itu, seharusnya umat muslim mengkhususkan hari Jum’at sebagai hari untuk lebih maksimal beribadah kepada Allah SWT. Karena banyak keutamaan-keutamaan yang Allah SWT berikan di hari Jum’at.

Ibadah Di Hari Jumat Menghapuskan Dosa Dalam Sepekan

Hari Jum’at bisa dijadikan kesempatan bagi seorang hamba untuk menghapus dosa-dosanya selama sepekan.

Hari Pembeda Antara Islam Dan Non-Muslim

Hari Jum’at sebagai hari raya bagi kaum Muslim. Dan hari Jum’at juga menjadi hari pembedanya antara kaum muslim dan kaum nasrani.

Amalan Di Hari Jumat:

amalan di hari jumat
pixabay.com
  1. Bersih diri

Membersihkan diri di sini artinya, bukan berarti kita menjaga kebersihan diri serta jasmani kita ketika di waktu hari Jum’at saja, tetapi saat kita mengerjakannya ketika di hari Jum’at, kita mendapatkan amalan hari Jum’at, atau pahala hari Jum’at.

Yaitu membersihkan badan secara total, seperti keramas saat mandi, membersihkan dan memotong kuku, mencukur rambut, dan sebagainya.

Hal ini seperti di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a:

“Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang mandi ketika waktu hari jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah” (HR. Bukhari dan Muslim).

Oleh Karena itu, seperti sunnah Rasul, kita harus membersihkan diri, salah satunya dengan mandi sunnah untuk niat menghadiri shalat Jum’at (bagi yang laki-laki), dan hendaknya memakai wangi-wangian.

Hal tersebut berdasarkan pada hadits:

“Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi ketika di hari Jum’at dan bersuci sebisanya, kemudian memakai minyak rambut atau minyak wangi dan berangkat ke masjid serta tidak memisahkan antara dua orang, kemudian shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam hendak memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya diantara dua jumat (mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya)” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Membaca surat al kahfi

Salah satu keutamaan dari membaca surat Al-Kahfi adalah terselamatkan dari fitnah Dajjal. Karena kelak hanya sedikit orang yang akan selamat dari fitnah Dajjal.

Karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga diri dari tipu daya dan fitnah yang dilakukan oleh para orang-orang kafir saat ini. Karena sebagian dari mereka sedang mempersiapkan kedatangan Dajjal

Banyak hadis shohih yang menyebutkan bahwa keutamaan dari membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at adalah terselamatkan dari fitnah Dajjal, karena itu mari kita memanfaatkan keutamaan ini saat tiba hari Jum’at.

“Barang siapa yang berada di zaman dajjal hendaknya membaca ayat-ayat pertama di surat Al-Kahfi.” (HR Muslim).

Dan selain terhindar dari fitnah Dajjal, keutamaan membaca surat Al-Kahfi lainnya adalah Allah akan memberikan cahaya-Nya terhadap hambanya yang membacanya pada hari Jum’at.

Diriwayatkan oleh Imam Mardawaih dari Ibnu Umar berkata, “Barang siapa membaca surah al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan ada cahaya yang menyinari dari telapak kakinya hingga langit yang akan menyinarinya kelak pada hari kiamat. Dan, dosanya akan diampuni di antara dua Jum’at.”

  1. Memperbanyak doa

Hari Jum’at adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak shalat, zikir, shalawat, dan ibadah lainnya. Bahkan di hari itu, pengajian-pengajian para kiai dan ulama diliburkan sebagaimana yang telah mentradisi sejak dulu dengan tujuan untuk memfokuskan diri beribadah di hari tersebut.

Hari jumat adalah waktu yang dimana kita disuruh untuk memperbanyak bedoa, karena di hari tersebut, termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa.

Hal tersebut sangat dianjurkan untuk dilakukan di malam harinya atau ketika siang harinya, yang telah banyak diriwayatkan di dalam hadits Nabi, dan terdapat satu waktu di antara satu kali 24 jam di hari Jum’at yang sangat manjur untuk dibuat berdoa.

  1. Memperbanyak shalawat

Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW bersabda: “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

Membaca sholawat di hari Jum’at menjadi lebih utama sebab di saksikan oleh para malaikat yang akan membalas shalawatnya 10 kali kepada mereka yang membacanya.

Memperbanyak membaca shalawat ketika hari Jum’at dan malam Jum’at, maka Nabi Muhammad SAW akan menjadi saksi dan penolongnya kelak di hari kiamat.

  1. Bersedakah

Sedekah dianjurkan untuk dilakukan kapan saja dan di mana saja, sedekah merupakan ibadah yang tidak terikat oleh waktu dan tempat.

Kita bisa bersedekah dimana pun serta kapan pun dan tetap mendapat keutamaan, tetapi yang dianjurkan lebih banyak bersedakah adalah hari Jum’at, karena lebih banyak keutamaannya.

Rosulullah SAW bersabda:

“Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Penutup

pengertian nabi dan rasul

Mungkin masih banyak keutamaan-keutamaan dan amalan di hari Jumat yang perlu kita kerjakan, tetapi dengan sedikit penjelasan di atas, semoga dapat membantu kita semua untuk memaksimalkan ibadah kita di saat hari Jum’at.

 

 

 

 

Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *