Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

√ Doa Untuk Diberikan Anak Yang Sholeh/ah

4 min read

doa untuk anak sholeh

Mempunyai anak sholeh/ah pastinya dambaan setiap orang tua muslim, dan tentunya tidak lepas dari peran orantua yang selalu ber doa untuk anaknya agar sholeh/ah

Nah, pembahasan kali ini adalah tentang doa untuk sholeh/ah. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Ingin Mempunyai Anak Sholeh

doa untuk anak sholeh
hitput.com

Ada sebuah kisah dari Nabi Ibrahim yang menginginkan anak dan dikaruniakan Alloh subhanahu wa ta’ala Nabi Ismail atau seperti Nabi Zakariyya yang tidak lelah terus berdoa, sampai pada akhirnya, Alloh subhanahu wa ta’ala karuniakan Nabi Yahya.

Riwayat kedua kisah kenabian yang masyhur di atas, tak hanya terjadi karena semata-mata ikhtiar keduniawian kedua Nabi yang mulia tersebut. Pasti, ada sebuah hati yang tak pernah putus mengharap, ada tangan-tangan mulia orangtua yang tak lelah terus menjulur ke langit. Dalam sejarahnya diceritakan Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam dan Nabi Zakariyya ‘alaihis salaam mengimbangi usaha duniawi mereka dengan doa untuk anak kepada Alloh.

Doa Untuk Anak Sesuai Tuntunan Sunnah

doa untuk anak  sesuai sunnah
nuqtoh.com

Alloh subhanahu wa ta’ala memberikan keutamaan berdoa untuk anak sholeh yang luar biasa. Doa kedua orangtua kepada anaknya sudah dijaminkan oleh Alloh subhanahu wa ta’ala pasti terkabul. Masyaa Alloh.

Tapi hati-hati, pastikan doa untuk anak adalah yang baik-baik. Karena konsep doa pasti terkabul tidak hanya untuk doa baik, tetapi juga untuk doa yang buruk.

Ada sebuah riwayat oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud no. 1536. Syaikh Al Albani katakan bahwa hadits ini hasan).

Dan di riwayat lain Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ada doa yang tidak tertolak yaitu doa orang tua, doa orang yang berpuasa dan doa seorang musafir.” (HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Syaikh Al Albani mengatakan hadits tersebut shahih sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 1797).

Dari kedua hadist tersebut, artinya mencakup doa orang tua yang berisi kebaikan atau kejelekan pada anaknya.

Selanjutnya ada hadist dari  Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizholimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya.” (HR. Ibnu Majah no. 3862. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Hadist tersebut menyebutkan bahwa doa baik orang tua pada anaknya termasuk doa yang mustajab.

Dan di bawah ini contoh beberapa doa untuk anak yang bisa diamalkan untuk buah hati  tercinta.

Doa Untuk Kelahiran Anak/Anak Yang Baru Lahir

doa untuk anak yang baru lahir
apkonline.net

Ada beberapa riwayat yang bisa dijadikan rujukan untuk doa anak baru lahir. seperti kisah dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu yang menceritakan pernikahan Ummu Sulaim dengan Abu Thalhah dimana maharnya adalah masuk Islamnya Abu Thalhah.

Kisah singkatnya, mereka dikarunai anak lelaki yang baik dan sehat, sehingga Abu Thalhah sangat sayang padanya.

Tetapi kehendak Allah, anak lelaki ini meninggal ketika Abu Thalhah sedang safar. Sepulangnya Abu Thalhah, dia langsung menanyakan kondisi anaknya.

Dan pada saat itu Ummu Sulaim tidak langsung menjawab, tetapi menenangkan Abu Thalhah, menghidangkan makanan terbaik dan melayani suaminya hingga puas. Baru ketika suasana sudah tenang, Ummu Sulaim menceritakan perihal anaknya.

Abu Thalhah, dengan kondisi tersebut langsung datang ke rumah Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menceritakan kejadian dia dengan istrinya.

Selanjutnya, Nabi Muhammad mendoakan keberkahan hubungan antara mereka berdua, hingga pada akhirnya Ummu Sulaim melahirkan anak lelaki lagi.

Dan Rasululloh berpesan, bila tali pusarnya sudah terlepas, jangan diberi makan apapun sampai anak tersebut diantarkan kepada Nabi. Di situ Nabi Muhammad akan mendoakan:

“Semoga Alloh memberkahi anak ini untukmu dan menjadikannya orang baik yang bertaqwa.”

Doa Untuk Anak Sholeh

doa untuk anak sholeh
relevomagazine.com

Ketika anak telah lahir, tentunya doa terbaik akan orangtua panjatkan, meminta kesholehan anak mereka. Dan berikut ini adalah beberapa doa untuk anak sholeh:

Doa Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam:

“Ya Rabb, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.” (QS. Ibrahim: 35)

Atau,

“Ya Rabb, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim: 40)

Atau, doa dari Al Qur’an yang termasyur ini:

“Dan mereka berkata: “Ya Allah, anugrahkanlah kepada kami, isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqan: 74)

Adab Ketika Berdoa

Adab ketika berdoa
fimadani.com

Silakan amalkan beberapa adab berdoa di bawah ini agar doa-doa untuk kamu lebih mustajab. Insya Alloh sesuai Qur’an dan Sunnah.

1. Mencari waktu yang mustajab

Salah satu waktu mustajab yaitu:

“Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta, akan Aku beri, dan siapa yang memohon ampunan pasti Aku ampuni’.” (HR. Muslim)

2. Menghadap kiblat dan mengangkat tangan

Di riwayat dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam saat berdoa, beliau menggabungkan kedua telapak tangannya dan mengangkatnya setinggi wajahnya (wajah menghadap telapak tangan). (HR. Thabrani)

3. Berdoa dengan pelan dan tidak mengeraskan suara

“Janganlah kalian mengeraskan suara kalian dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu.” (QS. Al-Isra: 110)

4. Khusyuk, merendahkan hati, dan penuh dengan harap

“Sungguh mereka termasuk orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) kebaikan dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami.” (QS. Al-Anbiya’: 90)

5. Mantap dalam berdoa dan yakin pasti dikabulkan

“Janganlah kalian saat berdoa mengatakan, ‘Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau mau. Ya Allah, rahmatilah aku, jika Engkau mau’. Kita harus yakin dengan doa kita, karena tidak ada yang memaksa Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Hati tidak tergesa-gesa agar doanya segera dikabulkan

“Akan dikabulkan (doa) kalian selama tidak tergesa-gesa. dan janganlah mengatakan, ‘Saya telah berdoa, namun belum saja dikabulkan‘.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Memulai doa dengan memuji Alloh subhanahu wa ta’ala dan bersholawat pada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

“Apabila kalian berdoa, hendaknya kita memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.” (HR. Ahmad, Abu Daud dan dishahihkan Al-Albani)

7. Memperbanyak taubat dan memohon ampunan

“Tidak ada ibadah yang dilakukan hamba-Ku yang lebih Aku cintai melebihi ibadah yang Aku wajibkan. Ada seorang hamba-Ku yang taat beribadah kepada-Ku dengan amalan sunah, sampai Aku mencintainya. Jika Aku mencintainya maka …jika dia meminta-Ku, pasti Aku berikan dan jika minta perlindungan kepada-KU, pasti Aku lindungi..” (HR. Bukhari)

8. Mendoakan kebaikan bukan sebaliknya

“Janganlah kalian mendoakan keburukan untuk diri kalian, jangan mendoakan keburukan untuk anak kalian, jangan mendoakan keburukan untuk pembantu kalian, jangan mendoakan keburukan untuk harta kalian. Bisa jadi ketika seorang hamba berdoa kepada Allah bertepatan dengan waktu mustajab, pasti Allah kabulkan.” (HR. Abu Daud)

Akhir Kata

Alhamdulillah pembahasan tentang doa untuk anak sholeh sudah selesai, jika kurang teman-teman bisa menambahkan di komentar ya.

Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *