Dabith Sibghotullah Penulis bernama lengkap Muhammad Dabith Sibghotullah. Biasa dipanggil dengan mas Dabith, atau ketika dulu di pesantren dapet panggilan mas Dabay yang mempunyai makna filosofinya tersendiri. Tapi sebenarnya lebih senang kalau di panggil sayang.

Subhanallah, Ternyata Inilah Keutamaan Sholat Tahajud

4 min read

keutamaan sholat tahajud
keutamaan sholat tahajud
themoderatevoice.com

Mungkin kalian sudah tahu betapa besar keutamaan dari sholat tahajud ini, tetapi apakah dapat membantu kita untuk selalu bangun malam?

Nah, artikel kali ini penaqolbi mencoba untuk menjawab keresahan para pejuang tahajud, agar mampu istiqomah dalam melakukan sholat tahajud.

Selain itu, sholat tahajud juga mempunyai dampak yang begitu besar terhadap diri kita, bisa berupa kesehatan, mental, bahkan dapat menjadikan diri kita sukses.

Untuk penjelasan lengkapnya silahkan simak pembahasan di bawah ini.

Keutamaan Sholat Tahajud

keutamaan sholat tahajud
picyab.com

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang paling utama untuk dikerjakan, karena keutamaan dari sholat ini sangat banyak dan dahsyat.

Sholat tahajud dikerjakan pada malam hari atau waktu yang dianjurkan adalah pada sepertiga malam yaitu kurang lebih jam 03.00. Dimana pada saat sepertiga malam waktu yang sangat mustajab bagi setiap muslim yang berdoa.

Pada waktu tersebut juga para malaikat akan turun ke bumi untuk mengaminkan doa-doa dari setiap hamba Allah.

Sebagaimana perkataan Imam Syafi’I “Doa dalam sholat tahajud ibarat anak panah yang dilepas dari busurnya dan tidak akan meleset dari sasarannya”. Maka perumpamaan tersebut bisa kita ketahui bahwa setiap doa yang kita ucapkan pasti akan terkabul.

Diriwayatkan Aisyah R.A, ia berkata:

“Nabi Muhammad melaksanakan shalat malam hingga kedua telapak kaki beliau bengkak, lalu aku bertanya kepada beliau,’Mengapa engkau melakukannya sampai seperti ini ya Rosulullah? padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah? ‘Beliau menjawab,’Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?” (HR Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820)

Nah, nabi Muhammad saja yang sudah dijamin keselamatannya saja selalu melaksanakan sholat tahajud, bagaimana dengan kita?

Sholat tahajud tidak hanya bermanfaat ketika di akhirat nanti, tetapi juga banyak manfaat dari sholat tahajud ini yang bisa kita dapatkan di dunia, dan nanti kita akan membahasnya di bawah ini.

Berikut adalah beberapa keutamaan dari sholat tahajud dari berbagai riwayat:

  1. Mendapatkan Tiket Masuk Surga
  2. Mendapat kemuliaan di dunia dan akhirat
  3. Sholat yang paling afdhol setelah Sholat lima waktu
  4. Mencegah untuk berbuat dosa
  5. Mendapatkan keringanan ketika di hisab di akhirat
  6. Tidak mudah diganggu oleh jin
  7. Di kabulkannya segala doa-doa yang dipanjatkan
  8. Dinaikkan derajatnya di sisi Allah SWT
  9. Dimudahkan urusannya di hari itu juga
  10. Menjadi tidak mudah gelisah
  11. Dari wajahnya tampak cahaya ketakwaan
  12. Menjadikan hamba yang pandai bersyukur
  13. Kebiasaannya orang-orang sholih

Manfaat Sholat Tahajud Bagi Kesehatan

manfaat sholat tahajud bagi kesehatan

Selain mendapatkan pahala yang berlimpah, orang yang sering melaksanakan sholat tahajud juga akan mendapatkan manfaat dari segi kesehatan.

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat yang dilaksanakan di malam hari, melaksanakan sholat tahajud sebenarnya hampir sama dengan melaksanakan sholat sunnah lainnya, bedanya sholat ini harus dilaksanakan setelah tidur.

Nah, selain banyaknya keutamaan sholat tahajud seperti yang dijelaskan diatas, sholat tahajud ternyata juga mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Dan berikut adalah manfaat sholat tahajud bagi kesehatan yang perlu kita ketahui:

1. Wajah Menjadi Lebih Bercahaya

Orang yang sering melaksanakan sholat tahajud akan memiliki wajah yang lebih cerah. Wajahnya terlihat bercahaya dan lebih ceria, mengapa demikian?

Dalam berbagai riwayat dan hadist memang telah disebutkan bahwa wajah orang yang sering melaksanakan sholat tahajud akan diberikan cahaya ketakwaan oleh Allah SWT.

Dan ternyata hal itu juga dijelaskan secara medis, bahwa air yang dibasuhkan pada wajah saat pukul 2-4 pagi mengandung banyak sekali zat yang baik bagi kulit wajah. Itulah mengapa wajah orang yang sering melaksanakan sholat tahajud akan terlihat lebih bercahaya.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Ketika orang bangun malam dan hendak melaksanakan sholat tahajud, maka oksigen yang masuk pada tubuh adalah oksigen murni.

Menurut penelitian, oksigen yang dihirup pada pukul 3 pagi dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh sehingga tubuh merasa lebih sehat dan lebih segar.

3. Terhindar Dari Penyakit Pernafasan

Penyakit infeksi saluran pernafasan akut atau yang biasa disebut ISPA merupakan penyakit yang terjadi oleh virus. Bisa jadi karena lingkungan yang tidak sehat, dan juga karena gaya hidup yang buruk sehingga virus ini dengan mudah menyebar.

Para peneliti dari pakar kesehatan mengatakan bahwa sholat tahajud dapat mencegah penyakit pernafasan, karena ketika hendak melaksanakan sholat tahajud, kita harus bagun pagi , dan menghirup udara yang segar dan menyehatkan.

4. Mencegah Sakit Pinggang

Seperti yang kita tahu, bahwa ketika kita sedang melaksanakan sholat, pasti kita akan menggerakkan sebagian tubuh kita. Itulah yang menjadi sarana untuk peregangan yang baik. Dan salah satu manfaat dari sholat tahajud adalah dilakukan setelah bangun tidur.

Dengan melakukan sholat tahajud setelah tidur, maka tubuh kita secara otomatis melakukan peregangan alami yang baik untuk tubuh dan kesehatan.

5. Dapat Mengontrol Emosi

Kortisol yang menurun dapat merangsang depresi yang berlebihan dan dapat memicu terjadinya emosi. Oleh karena itu dianjurkan untuk sering melaksanakan sholat tahajud, Orang yang sering melaksanakan sholat tahajud, bisa dipastikan lebih bisa mengontrol emosinya.

Di waktu pagi kortisol akan menurun sehingga seseorang menjadi lebih tenang. Dan ditambah lagi ketika sedang melakukan sholat tahajud, ketika sedang fokus untuk beribadah maka secara tidak sengaja tubuh kita menjadi tenang dan hal itu yang bermanfaat bagi kesehatan.

6. Mencegah Penyakit Hipertensi Dan Hipotensi

Ketika waktu sepertiga malam otak manusia akan melepaskan serotonin, beta endorsin, dan melatonin. Lepasnya ketiga zat tersebut akan membuat seseorang merasa lebih tenang sampai homeostasis terbangun.

Tetapi, ketika homeostasis terganggu, orang dengan mudah mengalami pusing dan bisa menimbulkan hipertensi, hipotensi, bahkan tekanan darah rendah.

Oleh karena itu, sholat tahajud dapat dilaksanakan dengan kondisi yang senyaman mungkin. Dan kemudian ,keseimbangan tubuh juga akan lebih terbangun dan membuat peluang hipertensi maupun hipotensi menurun.

Sukses Dengan Sholat Tahajud

sukses dengan sholat tahajud
dtberdaya.org

Kesuksesan membutuhkan sebuah proses, dan tidak ada kesuksesan tanpa dibersamai dengan kerja keras. Tidak ada orang sukses yang awalnya hanya bermalas-malasan saja, karena kesuksesan tidak bisa didapatkan hanya dalam waktu semalam saja.

Semua impian sukses harus disertai dengan perjuangan keras dan dibarengi doa. Karena untuk mendapatkan kesuksesan hidup yang hakiki, yaitu kekayaan materi maupun spiritual, harus diperhatikan 4 dimensi utama pilar kesuksesan, yaitu DUIT (Doa, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakal).

Salah satu cara untuk meraih kesuksesan hidup yaitu dengan istiqomah melaksanakan sholat tahajud. “Saya sudah sholat tahajud setiap malam, shalat dhuha setiap pagi, dan berdoa panjang lebar, tetapi mengapa saya tidak pernah menjadi orang yang sukses?”

Barangkali pikiran seperti ini akan sering kita rasakan. Lantas, bagaimana menjawabnya? Jawabannya adalah jika akhirat yang dijadikan sebagai tolak ukur kesuksesan, sebetulnya saat ini ia sedang berproses menuju kesuksesan hakiki, selama ia mendirikan sholat tahajud secara istiqomah semata ikhlas karena Allah.

Tahajud Quote

tahajud quote
pixabay.com

Sebagai tambahan motivasi untuk semangat dalam melaksanakan sholat tahajud, dibawah ini akan ada beberapa nasehat untuk kita para pejuang sholat tahajud:

Jika keinginan kita tidak mampu membuat kita bangun malam dan mendirikan sholat tahajud, bisa jadi kita tidak serius dalam mengejar keinginan tersebut.

Doa di saat tahajud adalah seumpama panah yang tepat mengenai sasaran

Tahajjudlah, temui Allah di sepertiga malam, sampaikan semua harapanmu dan raih segalanya.

Tahajud adalah sholatnya orang-orang sukses.

Kunci keikhlasan seseorang adalah dengan sholat tahajud, karena yang dapat melakukannya adalah orang yang berjuang untuk bangun dengan keikhlasan di saat orang lain terlelap

Tahajud adalah sama dengan kita sedang melakukan pertemuan Eksklusif dengan Allah semata

Di sepertiga akhir malam, rembulan menyinari alam, suasana tenang dan tenteram, tahajud menghidupkan malam, dekati Allah tuhan semesta alam

Kalau sinyal wifi dan kuota saja ngebut setiap tengah malam, apalagi doa-doa kita saat sholat tahajud

Tahajudlah, meski awalnya terpaksa, meski menahan kantuk yang luar biasa, meski hanya karena ada doa yang ingin terkabul. Tetap lakukanlah! Insyaallah keterpaksaan membawamu pada keistiqomahan

Tidak ada tempat terbaik untuk mengadu selain di atas sajadahmu, tidak ada waktu terbaik untuk mengadu selain di sepertiga malam terakhirmu, sebab saat itulah Rabbmu turun untuk merangkul hatimu, dan melapangkan dadamu.

Akhir Kata

Untuk semua pejuang tahajud semoga Allah selalu memberikan keistiqomahan, meninggikan derajatnya, dan diberikan solusi terbaik atas sertiap urusannya.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga dapat menambah semangat kita untuk senantiasa bangun malam.

Dabith Sibghotullah Penulis bernama lengkap Muhammad Dabith Sibghotullah. Biasa dipanggil dengan mas Dabith, atau ketika dulu di pesantren dapet panggilan mas Dabay yang mempunyai makna filosofinya tersendiri. Tapi sebenarnya lebih senang kalau di panggil sayang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *