Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

Kisah Nabi Isa As Singkat

5 min read

kisah nabi isa
kisah nabi isa
pixabay.com

Siapa yang tidak kenal nabi Isa? nabi yang diangkat ke langit dan akan turun ketika hari kiamat datang untuk melawan Dajjal, dan kali ini penaqolbi akan merangkum kisah nabi isa dari lahir sampai diangkat ke langit.

Kisah nabi Isa juga bisa menjadi pelajaran bagi kita agar senantiasa beriman kepada Allah

Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Iman tanpa ilmu bagaikan lentera di tangan bayi. Namun ilmu tanpa iman bagaikan lentera di tangan pencuri. (Buya Hamka)

Nama Nabi Isa As Di Dalam Al-Quran

nama nabi isa di dalam al quran
dakwatuna.com

Nama Nabi Isa disebutkan di dalam Al-Qur’an sebanyak 25 kali.

Kemudian nabi Isa mendapatkan gelar dari Allah yaitu dengan sebutan ruhullah dan kalimatullah, karena Nabi Isa diciptakan oleh Allah dengan kalimat “Jadilah!” maka terciptalah nabi Isa.

Kata ruhullah artinya ruh yang berasal dari Allah, karena nabi Isa langsung diciptakan oleh Allah dengan ditiupkan ruh kedalam rahim Maryam binti Imran (QS. 3:45).

Nabi Isa lahir pada tahun 622 sebelum hijriah atau satu masehi berdasarkan perhitungan masehi.

Beliau lahir tanpa mempunyai ayah, dan itu menjadi cobaan yang besar bagi keluarga Imran dan keluarga Zakaria dan juga mungkin seluruh manusia.

Allah menguji manusia, apakah dengan kejadian seperti itu mereka tetap akan beriman kepada Allah atau malah berpaling dari ajaran-Nya.

Maryam adalah puteri dari Imran bin Matsan, anak yang shalehah, dia masih gadis remaja saat didatangi oleh malaikat Jibril untuk menyampaikan bahwa nanti akan ada seorang anak yang lahir dari rahimnya.

Kelahiran Nabi Isa As

kelahiran nabi isa di dalam al quran
pixabay.com

Saat hendak melahirkan, Maryam mencari tempat yang jauh dari keramaian untuk menyelamatkan bayi yang ada di dalam kandungannya.

Maryam merasakan bahwa dirinya akan segera melahirkan, karena bayi yang ada didalam kandungannya sudah mulai menendang-nendang.

Dan pada saat itu juga lahir seorang anak dari rahimnya. Yang kelak akan kita kenal dengan nama Isa.

Setelah melahirkan nabi Isa, Maryam merasa lapar dan haus. Kemudian Maryam menggoyang- goyangkan pohon kurma yang ada di dekatnya (QS 19 : 22-26) dan kemudian memakan buah kurma yang terjatuh, dan meminum air sungai yang mengalir di dekat tempatnya beristirahat.

Kemudian tempat yang digunakan Maryam untuk melahirkan dikenal dengan sebutan baitullaham (Bethlehem), yang berarti “tempat lahir”, tempat ini berada di sekitar 9,5 km di selatan Yerussalem.

Mukjizat Nabi Isa Berbicara Ketika Bayi

nabi isa ketika bayi
pixabay.com

Setelah lahirnya nabi Isa, kemudian Maryam membawa bayi nabi Isa ke kampung halamannya di Palestina.

Dan saat tiba di kampung halaman Maryam, orang-orang kampung melihat dengan keheranan, karena Maryam membawa seorang bayi.

Keluarga Maryam saat itu tidak menduga bahwa Maryam akan datang dan membawa seorang bayi, padahal sepengetahuan mereka, Maryam tidak mempunyai suami.

Kemudian Maryam pun menjelaskan kepada keluarganya. Bahwa bayi yang bersamanya itu adalah pemberian dari Allah langsung.

Orang –orang kampung saat itu tidak percaya apa yang dikatakan Maryam, malah mereka menghina dan menuduh Maryam berbuat zina.

Hati Maryam sangat sedih ketika mendapat perlakuan seperti itu dari orang kampungnya, tetapi dia tetap bersabar dan terus berdoa agar bayi yang dibawanya tumbuh sehat.

Ketika orang-orang kampung berdatangan untuk melihat apa yang sedang terjadi, dengan izin Allah bayi tersebut dapat berbicara dan menjawab bahwa tuduhan yang diberikan kepada Maryam tidak benar, dan dia adalah bayi pemberian dari Allah langsung (QS3:46).

Begitulah cara Allah memperlihatkan kekuasaan-Nya

Dakwah Nabi Isa Dan Bukti Kenabian

ketika nabi isa berdakwah
pixabay.com

Nabi Isa diutus oleh Allah SWT, untuk mengajarkan tauhid, bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Allah.

Pada masa itu bani Israel yang di dominasi bangsa Yahudi sangat menentang ajaran nabi Isa, walaupun Allah telah me-anugerahkan mukjizat kepada nabi Isa.

Nabi Isa hidup satu zaman dengan nabi Yahya, nabi Yahya adalah putra dari nabi Zakaria, nabi Yahya diutus terlebih dahulu kepada bani Israil yang kemudian yang dilanjutkan nabi Isa.

Sepeninggal nabi Yahya bani Israil dan kaum Yahudi kembali kepada tabiatnya, mereka hanya taat ketika nabi datang, setelah itu kembali ingkar.

Bahkan saat nabi Isa masih dalam belaian, mereka punya rencana untuk membunuhnya.

Sementara itu kehidupan kisah nabi Isa dan Ibunya, penuh ancaman dari kaumnya, akibatnya mereka hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain (QS. 23:50).

Nabi Isa tumbuh dengan pengasuhan yang terbaik, selama itu pula Isa mempelajari berbagai ilmu dan mulai berdakwah pada kaumnya (QS 3:48).

Nabi Isa mengetahui bahwa terjadi perubahan kitab taurat yang dilakukan oleh pendeta Yahudi namun beliau tidak tinggal diam melihat hal tersebut.

Nabi Isa sangat sedih melihat kaumnya yang telah melupakan Allah, mereka hanya mempercayai ajaran nenek moyang mereka yaitu menyembah patung anak sapi.

Hari demi hari dilewati oleh nabi Isa dengan berdakwah untuk kaumnya, beliau membantu menyelesaikan permasalahan kaumnya atas izin Allah.

Walaupun tampak jelas, bukti kenabian nabi isa, tetapi hanya sedikit dari kaumnya yang menerima dakwah beliau.

Nabi isa tidak menyerah walaupun melihat pengikutnya yang masih sedikit, beliau tetap sabar, dan tetap mendoakan kaumnya yang telah menyimpang.

Allah SWT menjawab doa nabi Isa dengan memberikan para pengikut setia yang disebut hawariyyun.

Hawariyyun sangat setia mendampingi nabi Isa selama berdakwah, nabi Isa juga memilih diantara mereka untuk berdakwah ke pelosok negeri yang dibelenggu kesesatan.

Kaum nabi Isa tepecah menjadi dua golongan (QS 61:14) golongan orang beriman dan golongan orang kafir.

Rencana Pembunuhan Nabi Isa

tragedi nabi isa ketika hendak dibunuh
pixabay.com

Kisah nabi Isa ini disebutkan beberapa kali dalam Al-Qur’an (QS 4 157-159)

Dakwah nabi Isa kepada kaumnya berjalan dengan baik, terbukti bahwa pengikut nabi Isa semakin bertambah dengan bantuan dari hawariyyun.

Hal ini membuat kaum Yahudi yang menentang ajaran nabi Isa menjadi geram, kemudian mereka merencanakan pembunuhan terhadap nabi Isa dan pengikutnya.

Nabi Isa berdakwah kepada kaumnya dengan dibantu oleh hawariyyun. Keikhlasan dan ketulusan mereka dalam membantu dakwah nabi Isa sangat tinggi, bahkan Allah menurunkan mukjizat kepada nabi Isa atas permintaan hawariyyun.

Pada suatu hari dalam perjalanan, pengikut nabi Isa merasa kelaparan, mereka saling pandang dan tersenyum kecil, percakapan antara nabi Isa dan hawariyun disebutkan dalam Al-Qur’an (QS. 5:113-114).

Pada saat itu pengikutnya meminta untuk diturunkan makanan, kemudian nabi Isa berdoa kepada Allah agar memenuhi permintaan para hawariyyun.

Kemudian Allah menjawab doa nabi Isa (QS 5:115).

Lain halnya dengan kaum Yahudi, mereka sering meremehkan ayat-ayat Allah yang disampaikan oleh para nabi. Maka dari itu keimanan sulit mengena di hati mereka.

Maka saat datang nabi Isa menyampaikan kebenaran mereka memusuhinya.

Dan perlu diketahui juga, nabi Isa salah satu nabi yang bergelar ulul azmi

Nabi isa selalu berdoa kepada Allah untuk selalu menghadirkan keimanan di hati kaum bani Israil dan Yahudi, agar kaumnya kembali beriman kepada Allah SWT.

Salah satu tujuan dakwah beliau adalah mengabarkan tentang kedatangan nabi Muhammad SAW sebagai penutup para nabi.

Ajaran nabi Isa yang ditentang oleh kaum Yahudi adalah tentang riba, yang mendapatkan tambahan keuntungan dengan cara yang curang (QS 4:161).

Peristiwa Nabi Isa Diangkat Ke Langit

peristiwa nabi isa di angkat ke langit
pixabay.com

Pada masa itu sekitar tahun 63 sebelum masehi, negeri Palestina berada dibawah  kekuasaan bangsa Romawi yang kejam, setiap orang yang melakukan pemberontakan terhadap kerajaan akan dijatuhi hukuman salib.

Sementara itu beberapa orang yahudi, sedang berdiskusi untuk melenyapkan nabi Isa. Yang dirasa mereka banyak bertingkah.

Mereka berpikir untuk membunuh nabi Isa dengan cara menghasut pihak kerajaan, jadi seolah-olah mereka tidak terlibat dalam pembunuhan nabi Isa.

Kaum Yahudi berhasil menjebak nabi Isa dengan tuduhan yang tidak benar, kepada pihak kerajaan, alhasil nabi Isa dicari-cari oleh tentara Romawi.

Sementara itu nabi Isa bersama hawariyyun telah bersembunyi ke tempat yang aman setelah mendengar kabar bahwa nabi Isa telah menjadi buronan pihak kerajaan.

Dan saat itu siapapun dari kaum Yahudi yang berhasil menemukan nabi Isa akan mendapat hadiah yang sangat besar dari pihak kerajaan.

Namun sayangnya, ada salah satu pengikut nabi Isa bernama Yudas yang tergiur dengan hadiah tersebut, dia berkhianat dan memberitahukan tempat persembunyiannya kepada tentara Romawi.

Sebelum tentara Romawi mendatangi tempat persembunyian nabi Isa, Allah SWT telah menyelamatkan nabi Isa (QS 4:158) dengan mengangkat nabi Isa ke langit.

Dan saat tentara Romawi telah tiba di tempat persembunyian nabi Isa, ternyata di dalam sana ada Yudas yang wajahnya telah diserupakan seperti nabi isa (QS 4:157) dan kemudian membawanya untuk disalib.

Mukjizat Nabi Isa diantaranya adalah:

cerita nabi isa dan mukjizatnya
pixabay.com
  • Dapat berbicara sewaktu masih bayi, untuk menerangkan bahwa ia seorang nabi yang diutus untuk bani Israel.
  • Lahir tanpa adanya seorang ayah.
  • Membentuk tanah seperti burung kemudian meniupkan roh, lalu tanah itu menjadi burung.
  • Menyembuhkan orang buta.
  • Menghidupkan kembali orang yang telah mati.
  • Menyembuhkan orang yang berpenyakit sopak.
  • Diberi kemampuan melihat hal-hal yang ghaib melalui panca inderanya meskipun beliau tidak menyaksikannya secara langsung.
  • Mengetahui kitab Taurat asli milik nabi Musa, yang sat itu sudah banyak mengalami perubahan.
  • Menurunkan makanan dari langit karena permintaan hawariyun.

Penutup

pengertian nabi dan rasul

alhamdulillah, kisah nabi Isa ini adalah rangkuman dari beberapa sumber.

semoga setelah membaca mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan semoga juga keimanan kita selalu ditingkatkan oleh Allah SWT.

Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *