Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

Manfaat Membaca Alquran

5 min read

manfaat membaca alquran

Ketika kita sedang membaca alquran, selain mendapat pahala, juga mendapat banyak sekali manfaat membaca alquran.

Mulai dari kesejahteraan, kesehatan, bahkan kecerdasaan.

Kenapa banyak nya manfaat membaca alquran bagi kita? Karena Allah sendiri yang memberikan dan yang akan menjaga alquran sampai hari kiamat.

Oleh karena itu, mari kita sering membaca alquran agar mendapat banyaknya kemuliaan yang diberikan.

Berikut adalah rangkuman dari beberapa sumber untuk membahas manfaat membaca alquran.

“jika kita rasakan lelah karena Al-Qur’an,bersyukurlah. semoga kelak, lelah itu akan berbuah kemuliaan dan derasnya rasa sayang dari Ar-Rahman” (ustadz Angga)

Manfaat Membaca Al-Qur’an

manfaat membaca alquran
aktual.com

(Q.S. 6:110) Setiap satu amalan kebaikan yang kita lakukan karena Allah, sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan dan mengerjakannya sampai selesei, kita mendapatkan 10 kebaikan.

Berbeda dengan alquran, alquran itu bukan dinilai dari selesei bacaanya, tetapi setiap huruf bacaannya.

Manfaat membaca Al-Qura’an sangatlah banyak, dan berkahnya pun juga sangat banyak.

Jadi orang yang sering membaca Al-Qur’an dengan orang yang jarang membaca Al-Qur’an akan kelihatan dari setiap perilakunya.

  • Orang yang sering membaca alquran wajah nya lebih bercahaya, karena sebelum membacanya, ia selalu berwudhu.
  • Orang yang sering membaca Al-Qur’an tutur kata nya selalu berhati-hati ketika mengucap, tampak indah ketika didengar, karena ia terbiasa mengucapkan ayat-ayat Allah.
  • Orang yang sering membaca Al-Qur’an pandangannya lebih dijaga, selalu menjaga dengan menundukkan pandangan ketika di keramaian bahkan dengan lawan jenisnya. Karena ia sering membaca Al-Qur’an dengan menunduk.
  • Orang yang sering membaca Al-Qur’an akan terlihat dengan kemuliaan akhlaknya, dimanapun, dan kapanpun.

Jadi, jika ada orang yang sering membaca Al-Qur’an tetapi sering bermaksiat, kembali lagi di awal, mungkin dia melakukannya bukan karena Allah SWT.

Dia membaca Al-Qur’an hanya karena ingin disanjung, dia membaca alquran hanya ingin karena terlihat alim, dan parahnya lagi, dia membaca alquran hanya ketika mendapat panggilan atau saat disuruh mengisi pengajian, naudzubillah.

Semoga kita semua dihindarkan dari sifat seperti itu, dan semoga kita membaca Al-Qur’an hanya untuk berharap ridho dari Allah SWT.

Dan Al-Qur’an bisa menjadi cahaya bagi orang yang membacanya, bisa menjadi penuntun untuk kembali ke jalan yang benar.

Dan semoga apabila masih ada sifat-sifat seperti di atas tersebut, ketika ia kembali membaca ayat-ayat Nya, ia bisa membuka hatinya untuk tulus dan ikhlas hanya mengharap ridho sang Ilahi.

Sebenarnya banyak sekali manfaat-manfaat membaca alquran yang lainnya, tetapi kita rangkum menjadi 7 poin yang penting

1. Mendapatkan pahala dan kebaikan berkali-lipat

Membaca alquran pahalanya lebih besar daripada zikir.

“Barangsiapa yang membaca alquran, maka satu huruf diberikan satu kebaikan, dan satu kebaikan dibalas 10 kalilipat,saya (Muhammad) tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (H.R. Bukhori)

Berarti jika kita membaca alif lam mim kita mendapatkan 30 kebaikan. subhanallah

Rosulullah bersabda:

“barangsiapa yang membaca setiap malam 10 ayat saja, dia tidak akan ditulis sebagai orang-orang yang lalai. Dan siapa yang membaca 50 ayat dalam satu ayat, dia akan ditulis sebagai orang yang beruntung, dan siapa membaca 200 ayat dalam satu malam, maka akan diberikan oleh Allah pahala yang melimpah.” (H.R. Hakim)

Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk membaca alquran, insyaallah ketika kita membaca alquran, hidup kita menjadi tentram dan berkah, karena dengan membaca alquran, dada kita bercahaya dengan iman, dan Allah pun akan senang karena orang yang membaca alquran selalu mengingatNya,

Oleh karena itu, sebisa mungkin setiap hari kita harus membaca alquran.

2. Membuatnya menjadi orang yang mulia

 

  • Al-Qur’an turun disaat bulan Ramadhan, dan bulan Ramadhan menjadi mulia dibandingkan dengan bulan lainnya.
  • Al-Qur’an turun di malam lailatul qadar, dan malam itu menjadi mulia dibandingkan dengan malam-malam lainnya.
  • Al-Qur’an turun di suatu tempat, yaitu di Mekkah dan Madinah. Dan sampai sekarang dua kota itu menjadi kota yang paling mulia.
  • Al-Qur’an diturunkan ke bumi melalui perantara malaikat Jibril, dan kemudian malaikat Jibril menjadi mulia dengan diangkatnya oleh Allah SWT menjadi pemimpinnya para malaikat.
  • Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, dan kemudian nabi Muhammad menjadi nabi yang paling mulia dari sekian para nabi.
  • Al-Qur’an turun di hari Jumat, dan kemudian hari Jumat menjadi hari yang paling mulia dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Sayyidul ayyam (pemimpinnya hari)

Oleh karena itu ada hukum, yang hanya melekat pada Al-Qur’an, dan tidak pernah terbatasi oleh waktu dan tempat, bukan hanya sosok nabi saja.

Tetapi Al-Qur’an itu, dimanapun dia melekat menjadikan pribadinya mulia di dalam kehidupan.

Nah, jadi siapapun yang rajin membacanya dan menghafalkannya, Allah pasti akan memuliakannya di dunia maupun di akhirat.

3. Membersihkan dan melapangkan hati

Al-Qur’an bisa membersihkan dan melapangkan hati yang keras. Walaupun kita tidak mengerti artinya, tetapi dengan seringnya kita membaca Al-Qur’an, ia tetap akan membersihkannya dan melapangkannya.

Jika kita sedang resah atau gelisah, mungkin itu tandanya kita bukan kurang piknik, tetapi kurang untuk membaca Al-Qru’an.

Terbukti, jika orang yang sering membaca Al-Quran, ia lebih menaruh hati kepadanya, mengharap hanya kepada Allah SWT, bukan yang lainnya, apalagi menaruh hati dengan orang lain.

Orang yang sering membaca Al-Qur’an pasti hidupnya penuh dengan keyakinan, bahwa Allah SWT selalu memberikan jalan kepada setiap hambaNya, dan pastinya hati tidak merasa gelisah dan resah.

Itulah tanda bahwa membaca Al-Qur’an dapat membersihkan dan melapangkan hati.

4. Sukses di dunia dan akhirat

Banyak kisah tentang orang-orang sukses karena berkahnya Al-Qur’an, kisah-kisah hebat bersama Al-Qur’an. Itu karena Allah sudah berjanji, bahwa siapa saja yang mengikuti Al-Qur’an dan sunnah, Allah akan memberikan jalan.

Itulah menjadi bukti bahwa Al-Qur’an bukan hanya sekedar penolong di akhirat, tetapi mampu menjadikan orang sukses di dunia berkat keberkahannya.

Dan di akhirat kelak Al-Qur’an juga bisa menjadi penolong kita.

“Bacalah bait Alquran karena sesuyngguhnya pada hari kiamat nanti akan datng memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.” (HR. Muslim)”

 

5. Bersama Malaikat

“seseorang yang lancar membaca Al-Qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al –Qur’an dengan terbata-bata didalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (H.R. Muslim)

Siapapun yang membaca Al-Qur’an, walaupun dia belum bisa membacanya, walaupun dia ahli maksiat, walaupun dia sering menghujat, tetap ia mendapatkan pahala membacanya. Itulah keistimewaan membaca Al-Qur’an.

Seperti hadist di atas, siapa yang terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an dia akan memperoleh dua pahala, karena telah bersusah payah untuk membacanya.

Apalagi yang sudah fasih dalam membacanya, ia bersama malaikat yang senantiasa menjaganya.

6. Memberikan mahkota kemuliaan kepada orang tua di akhirat

Mahkota biasanya adalah simbol untuk orang yang diagungkan, mahkota juga dibuat bukan hanya untuk sembarang orang.

Membuat mahkota juga perlu keahlian khusus, harus dari bahan-bahan terbaik, pahatan terbaik, orang-orang yang terbaik untuk membuatnya, karenanya bisa mengeluarkan dana yang besar untuk membuat sebuah mahkota.

Semakin indah sebuah mahota, semakin berwibawa juga orang yang memakainya.

Akan tetapi, dari semua mahkota yang berada di bumi, ada mahkota yang sangat istimewa, yang cahayanya melebihi sinar matahari, itu adalah mahkota kemuliaan yang diberikan kepada orang tua yang anaknya rajin membaca Al-Qur’an serta mengamalkannya.

Rosulullah bersabda:

“Barang siapa yang membaca Al quran dan mengamalkan apa–apa yang ada didalamnya, maka Allah akan memakaikan kedua orang tuanya sebuah mahkota di hari kiamat nanti, yang cahaya mahkota tersebut, lebih bagus dari cahara matahari di rumah- rumah dunia, maka apa anggapan kalian tentang yang dipakai oleh pelakunya ?” (HR. Abu dawud)

7. Menjadi keluarga Allah di Dunia

“Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia.’ Beliau saw ditanya,’Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau saw menjawab,’mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya,” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Yang dimaksud dengan keluarga Allah di dunia adalah orang orang yang Ahlul Qur’an, bukan hanya jatuh kepada orang yang telah menyelesaikan hafalan 30 juznya.

Akan tetapi orang yang senantiasa membaca dan mengamalkannya serta mengerti kaidah-kaidahnya, yang cinta akan keindahan ayat-ayat Nya. Yang selalu merenungi setiap ayatnya, dan bisa menjadikan bukti itu di setiap amalannya

Menjadi ahlul Qur’an adalah selalu berpedoman kepada Al-Qur’an di dalam setiap kegiatannya, ia menjadikan Al-Qur’an sebagai panutan.

Manfaat Membaca Al-Qur’an Bagi Kesehatan.

manfaat membaca alquran bagi kesehatan
pixabay.com

Selain memberikan manfaat seperti yang diatas, ternyata dengan membaca Al-Qur’an juga mempunyai manfaaat untuk kesehatan. Berikut ringkasan manfaat membaca Al-Quran untuk kesehatan:

  1. Menstabilkan Tekanan Darah dan Detak Jantung
  2. Membantu Memusnahkan Sel-Sel Kanker
  3. Menurunkan Tingkat Stres
  4. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Silahkan bisa mempelajari lebih lanjut tentang manfaat membaca alquran bagi kesehatan ini disini.

Manfaat Membaca Al-Qur’an Bagi Otak

manfaat membaca alquran bagi otak
pixabay.com

Dan berikutnya adalah manfaat membaca Al-Quran bagi otak. Ternyata dengan sering membaca alquran, tingkat kecerdasaan orang bisa meningkat loh.

Makanya, dizaman yang semakin modern ini, dimana banyak anak-anak yang sibuk dengan gadgetnya, mari kita senantiasa membaca Al-Qur’an, karena sungguh banyak manfaat nya.

Dan manfaat membaca Al-Qur’an bagi otak menurut para ahli selengkapnya bisa dibaca di sini

 

 

 

 

 

 

Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

One Reply to “Manfaat Membaca Alquran”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *