Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

Nama Malaikat Dan Tugasnya Penjelasan Terlengkap!

4 min read

Nama Malaikat Dan Tugasnya

Sebagai umat islam tentunya kita wajib untuk beriman kepada Malaikat, karena beriman kepada Malaikat Allah termasuk rukun iman yang ke dua, oleh sebab itu, kita harus mengetahui nama malaikat dan tugasnya.

untuk penjelasan lengkapnya, silahkan baca pembahasan di bawah ini.

semoga bermanfaat.

Dia menurunkan para malaikat dengan (membawa) wahyu dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, yaitu: “Peringatkanlah olehmu sekalian, bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka hendaklah kamu bertakwa kepada-Ku”.

QS An-Nahl: 2

Beriman Kepada Malaikat

beriman kepada malaikat
pixabay.com

Para malaikat adalah (termasuk) makhluk ghaib, mereka diciptakan oleh Allah, mereka menyembah/beribadah kepada Allah SWT, mereka tidak memiliki kekhususan tertentu (yang bersifat ketuhanan) baik alam kerububiyahan dan keuluhiyahan.

Allah SWT menciptakan mereka dalam kedudukan yang sempurna terhadap perintah Nya serta kekuatan untuk mengerjakan perintah tersebut.

Malaikat tidak dapat dilihat oleh manusia. Malaikat di ciptakan oleh Allah SWT dari nur (cahaya). Malaikat sendiri tidak pernah sekalipun melanggar perintah dari Allah SWT. Karena para malaikat selalu bertasbih kepada Allah SWT.

“Malaikat itu diciptakan dari cahaya sedangkan jin dari nyala api dan adam diciptakan dari apa yang telah diterangkan pada kamu semua”. (dari tanah). (HR. Muslim dan Aisyah).

Beriman kepada malaikat berarti mempercayai sepenuh hati bahwa Allah telah menciptakan Malaikat yang berasal dari cahaya.  Beriman kepada malaikat termasuk rukun iman yang ke dua.

Nama-Nama Malaikat

Nama-nama malaikat
pixabay.com

Jumlah malaikat yang sebenarnya ada banyak sekali, tetapi yang wajib kita ketahui hanya 10 malaikat saja dan masing-masing malaikat mempunyai tugasnya sendiri, berikut adalah nama-nama malaikat yang wajib diketahui:

  1. Malaikat Jibril
  2. Malaikat Mikail
  3. Malaikat Israfil
  4. Malaikat Izrail
  5. Malaikat Munkar
  6. Malaikat Nakir
  7. Malaikat Raqib
  8. Malaikat Atid
  9. Malaikat Malik
  10. Malaikat Ridwan

Tugas-Tugas Malaikat

tugas-tugas malaikat
pixabay.com

Setelah mengetahui nama malaikat, dan setelah itu tentu kita harus mengetahui tentang tugasnya malaikat tersebut, dan berikut adalah tugas dari masing-masing malaikat:

1. Malaikat Jibril

Menyampaikan wahyu dan meniupkan roh pada janin.

Kita pasti sering mendengar tentang Malaikat Jibril bukan? Malaikat Jibril mempunyai tugas utama yaitu menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para nabi dan rasul. Selain itu, malaikat Jibril juga memiliki tugas lainnya, yaitu meniupkan roh pada setiap janin yang masih ada didalam kandungan.

Sekarang ini nabi dan rasul sudah tidak ada. Karena, Nabi Muhammad SAW telah menjadi nabi dan rasul terakhir. Beliau pun sudah tiada sejak berabad-abad yang lalu. Lalu apa tugas Malaikat Jibril jika sudah tidak ada nabi dan rasul? Beberapa sumber pun mengatakan bahwa Malaikat Jibril bertugas untuk membagikan ilmu. Karena, wahyu juga merupakan bagian dari ilmu.

2. Malaikat Mikail

Memberikan rezeki kepada seluruh makhluk.

Selanjutnya yaitu malaikat Mikail. Tugas yang Allah berikan kepada malaikat Mikail adalah untuk memberikan rezeki kepada seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Jadi, rezeki tersebut tak hanya untuk manusia saja, tetapi seluruh makhluk. Karena bentuk rezeki dari Allah itu bermacam-macam.

Selain itu, malaikat Mikail juga mempunyai tugas lain, yaitu mengatur hujan, angin, dan juga tanaman. Semua yang mengatur adalah malaikat Mikail atas izin Allah SWT.

3. Malaikat Israfil

Meniupkan sangkakala pada hari kiamat nanti.

Malaikat ketiga yang wajib kita ketahui adalah malaikat Israfil. Malaikat ini mempunyai tugas utama yaitu meniupkan sangkakala pada hari kiamat nanti. Sangkakala sendiri adalah sejenis terompet. Dimana saat Allah menyuruh malaikat Israfil meniup sangkakalanya ketika hari kiamat tiba, maka seluruh makhluk hidup bernyawa di dunia akan mati.

Kemudian, Allah akan menghidupkan Malaikat Israfil kembali dan menyuruhnya untuk meniup terompetnya lagi. Tiupan kedua ini berisi semua roh makhluk hidup yang nyawanya sudah tercabut. Setelah terompet ditiup, roh akan kembali ke jasad masing-masing dan hidup kembali. Pada saat inilah yang dinamakan dengan hari kebangkitan.

4. Malaikat Izrail

Mencabut nyawa seluruh makhluk hidup.

Selanjutnya adalah salah satu malaikat yang juga populer di kalangan manusia, yaitu malaikat Izrail. Malaikat ini populer karena mempunyai tugas utama untuk mencabut nyawa seluruh makhluk hidup yang ada di dunia. Tidak ada satu makhluk pun yang bisa menghindari dari takdirnya jika memang sudah waktunya mati. Maka, malaikat Izrail akan melaksanakan tugasnya dengan dan mencabut nyawa makhluk tersebut.

5. Malaikat Munkar

Menanyai orang di dalam kubur.

Selanjutnya adalah Malaikat Munkar. Jangan pernah berpikir bahwa kehidupan kita akan berakhir begitu saja setelah meninggal dan dikubur. Kita masih harus menghadapi Malaikat Munkar yang akan menanyai perihal keimanan kita. Malaikat Munkar ini hanya akan mendatangi seseorang yang selalu berbuat keburukan dalam selama hidupnya.

Malaikat Munkar diriwayatkan akan datang pada manusia yang sudah dikubur, dengan wujud yang menyeramkan. Ia membawa godam sebagai senjata. Jika orang tersebut tak bisa menjawab pertanyaannya, maka manusia tersebut akan dihantam dengan godam hingga hancur. Kemudian dibangkitkan dan ditanyai kembali. Jika masih tidak bisa menjawab, akan dihancurkan lagi. Begitu seterusnya hingga hari kebangkitan tiba.

6. Malaikat Nakir

Menanyai orang yang sudah dikubur.

Malaikat Nakir sebenarnya mempunyai tugas yang sama dengan malaikat Munkar. Bedanya, malaikat Nakir hanya mendatangi orang yang berbuat baik selama hidupnya. Malaikat Nakir juga memiliki wujud yang lebih indah untuk dipandang. Orang-orang yang didatangi oleh malaikat Nakir ini diriwayatkan akan masuk ke dalam surga.

7. Malaikat Raqib

Mencatat amal baik manusia semasa hidupnya.

Berikutnya ada malaikat Raqib yang mempunyai tugas utama yaitu mencatat amalan kebaikan pada manusia selama masa hidupnya. Kita harus ingat bahwa semua perbuatan di hidup kita akan dicatat oleh malaikat dan mendapatkan pembalasannya kelak. Jadi, sebisa mungkin, berbuatlah baik dalam kehidupan kita. Agar kita juga mendapatkan balasan yang baik pula dari Allah SWT.

8. Malaikat Atid

Mencatat amal buruk manusia.

Berbeda dengan malaikat Raqib, malaikat Atid ini mempunyai tugas untuk mencatat amal buruk setiap manusia. Jika kita berniat untuk melakukan hal buruk, jangan lupa bahwa malaikat Atid siap untuk mencatatnya. Ingatlah juga bahwa Allah SWT selalu melihat kita dan mengetahui apapun yang kita perbuat. Jangan sampai kita menjalani kehidupan ini dengan penuh perbuatan buruk.

9. Malaikat Malik

Menjaga pintu neraka

Neraka adalah tempat bagi orang-orang yang dalam hidupnya selalu berbuat buruk dan tidak beriman kepada Allah SWT. Di neraka sendiri, ada malaikat yang bertugas untuk menjaga pintunya, yaitu malaikat Malik. Seperti yang sudah disampaikan dalam Surat At-Tahrim ayat 6, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

10. Malaikat Ridwan

Menjaga pintu surga.

Malaikat terakhir yang perlu diimani adalah malaikat Ridwan. Jika malaikat Malik adalah penjaga pintu neraka, maka malaikat Ridwan-lah yang bertugas untuk menjaga pintu Surga. Hal ini juga sesuai dengan Surat Al-Baqarah ayat 25, yang berbunyi:

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan ‘inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.’ Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.”

Nama-Nama Malaikat Yang Tidak Wajib Diketahui

11 malaikat yang tidak wajib diketahui
pixabay.com

Selain nama-nama malaikat yang wajib diketahui, untuk menambah pengetahuan kita, ternyata ada beberapa malaikat yang banyak diceritakan di berbagai riwayat, dan malaikat-malaikat tersebut tentunya tidak wajib untuk di ketahui.

Berikut adalah nama-nama malaikat yang tidak wajib diketahui:

  1. Malaikat Zabaniyah
  2. Malaikat Hamalat Al Arsy
  3. Malaikat Harut serta Marut
  4. Malaikat Dardail
  5. Malaikat Kiraman Katibin
  6. Malaikat Mu’aqqibat
  7. Malaikat Arham
  8. Malaikat Jundallah
  9. Malaikan Annuqmah
  10. Malaikat Ad Dam’u
  11. Malaikat Ahlul adli

Itulah 11 nama-nama malaikat yang disebutkan dalam berbagai riwayat, tentunya ada banyak sekali malaikat-malaikat lain yang tidak kita ketahui.

Akhir Kata

Alhamdulillah pembahasan tentang nama malaikat dan tugasnya telah selesei, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terimakasih telah membacanya.

Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *