Dabith Sibghotullah Penulis bernama lengkap Muhammad Dabith Sibghotullah. Biasa dipanggil dengan mas Dabith, atau ketika dulu di pesantren dapet panggilan mas Dabay yang mempunyai makna filosofinya tersendiri. Tapi sebenarnya lebih senang kalau di panggil sayang.

Sifat-Sifat Malaikat Beserta Penjelasan Lengkapnya!

4 min read

sifat-sifat malaikat

Kita sebagai umat muslim pasti tahu apa itu rukun iman, dan salah satunya adalah beriman kepada malaikat Allah, dan tahukah kamu ternyata sifat-sifat malaikat itu ada banyak sekali.

Nah, artikel kali ini akan menjelaskan tentang sifat-sifat yang ada pada para Malaikat.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat

Jangan lupa membaca bismillah

“Semua pekerjaan akan sia-sia tanpa bismillah”

Fungsi Beriman Kepada Malaikat Allah

fungsi beriman kepada malaikat
aboutislam.net

Tentunya kita tahu bahwa mengimani adanya malaikat adalah kewajiban bagi setiap umat muslim, tetapi arti sebenarnya dari Iman kepada malaikat Allah adalah memang benar atau yakin sepenuhnya bahwasanya Malaikat itu benar ada yang tercipta dari  cahaya / nur oleh Allah SWT.

Apa fungsi nya kita beriman kepada Malaikat?

  • Karena yang harus kita ketahui yaitu kita selalu di awasi malaikat, maka sebisa mungkin kita selalu melakukan perbuatan baik dan menjauhi segala perbuatan buruk yang dapat menjadikan seseorang mendapatkan dosa
  • Manusia akan selalu bertaqwa dan beriman kepada Allah SWT dan selalu berusaha agar mendapatkan Lailatul Qodar.
  • Meningkatkan Iman, ikhlas dan disiplin dalam menjalankan berbagai perintah Allah dan menjauhi segala larangan Nya dengan meniru sifat malaikat.
  • Berhati-hati dalam ketika melakukan sesuatu perbuatan, karena amal baik dan buruk akan di catat oleh malaikat, yang nantinya akan dipertanggung jawabkan di akhirat.

Sifat-sifat malaikat

sifat-sifat malaikat
pixabay.com
Sifat-Sifat MalaikatKeterangan
1Selalu Bertasbih Kepada Allah Setiap Waktu

 

Selain Malaikat mengerjakan tugasnya masing-masing, ternyata malaikat juga setiap saat selalu bertasbih kepada Allah SWT.
2Malaikat tidak memiliki hawa nafsu

 

Malaikat adalah makhluk yang suci dan tidak pernah sama sekali bermaksiat kepada Allah. Malaikat juga tidak merasakan sakit, lapar, makan, tidur, dan lainnya karena malaikat tidak memiliki hawa nafsu.
3Selalu takut dan taat kepada Allah SWT

 

Tidak seperti kita seorang manusia yang seringkali melanggar perintah Allah SWT, malaikat selalu patuh dan Taat atas perintah-perintah yang Allah berikan.
4Tidak merasakan lelah dan jenuh

 

Malaikat tidak pernah merasakan lelah dan jenuh ketika beribadah kepada Allah, berbeda dengan kita sebagai manusia yang mudah merasa bosan.
5Kecepatannya lebih dari cahaya

 

Malaikat merupakan Makhluk Allah yang diciptakan oleh cahaya (nur) dan memiliki tugas masing-masing. Malaikat juga diberikan kekuatan oleh Allah berupa kecepatan cahaya.
6Malaikat dapat mendengar, melihat, dan berbicara

 

Allah juga memberikan karunia kepada malaikat, berupa pendengaran, melihat dan berbicara sehingga mereka bisa berdialog dengan Allah. Dalam berdialog, malaikat tak pernah mendahului perkataan Nya.
7Malaikat tidak pernah berbuat maksiat

 

Seperti dari penjelasan sebelumnya, malaikat mempunyai sifat yaitu tidak pernah berbuat maksiat kepada Allah SWT.
8Memiliki sifat malu

 

Malaikat ternyata juga memiliki sifat malu, Seperti yang dijelaskan di dalam hadist berikut:

Nabi Muhammad bersabda, “Bagaimana aku tidak malu terhadap seorang laki-laki yang malaikat pun malu terhadapnya”.” (HR Muslim).

9Malaikat Akan terganggu dengan bau yang tidak sedap, seperti bau anjing, hingga patung

 

Para malaikat tidak suka dengan aroma yang bau. Bukan hanya itu saja, gonggongan anjing juga menjadi salah satu pertanda adanya setan, serta keberadaan dari patung sendiri seperti berhala atau menyerupai makhluk hidup, sehingga malaikat enggan datang ke rumah yang ada anjing dan patungnya.
10Malaikat tidak makan dan minum

 

Berbeda dengan manusia para malaikat tidak akan pernah merasakan lapar dan haus, sehingga mereka tidak makan dan minum.
Seperti yang dijelaskan dalam surat Az Zariyat ayat 27-28.Arti dari surat Az Zariyat ayat 27: “Lalu dihidangkannya kepada mereka. Ibrahim lalu berkata : “Silakan Anda makan”.”Arti dari surat Az Zariyat ayat 28: “(Tetapi mereka tidak mau makan), karena itu Ibrahim merasa takut terhadap mereka. Mereka berkata : “Janganlah kamu takut”, dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishak).
11Malaikat dapat berubah wujud

 

Malaikat adalah makhluk ghaib, tetapi dengan begitu, ternyata malaikat dapat juga mengubah wujud aslinya sendiri dengan menjadi makhluk lainnya, tetunya atas izin dari Allah SWT.
12Malaikat dianugerahi ilmuDengan adanya tugas-tugas yang diberikan oleh Allah kepada malaikat, tentunya tidak terlepas juga dengan pembekalan ilmu tersebut.
13Malaikat senang mendoakan orang-orang beriman

 

Malaikat senang mendoakan orang-orang yang beriman, apalagi ketika orang tersebut berdoa di waktu-waktu mustajab, malaikat akan mengaminkan permintaan mereka.
14Malaikat tidak sombong

 

Ingat kembali sejarah penciptaan manusia. Dulu, ketika nabi Adam diciptakan dengan segala kelebihannya, Allah lalu memerintahkan malaikat untuk bersujud. Hal itu dilakukan sebagai tanda pengakuan Malaikat terhadap kelebihan Nabi Adam sebagai manusia. Malaikat pun menurut. Mereka bersujud dengan kepasrahan total tanpa rasa sombong sedikit pun.

Perbedaan Malaikat, Jin, Dan Manusia

perbedaan malaikat, jin, dan manusia
sukasentral.com

Setelah mengetahui sifat serta nama-nama malaikat dan tugasnya, selanjutnya kita akan membahas tentang perbedaan malaikat, jin, dan manusia:

MALAIKAT:

Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang mendapatkan tugas untuk mengatur alam semesta.

Dan berikut ini adalah ciri- ciri malaikat :

  • Diciptakan dari cahaya (nur)
  • Wujudnya gaib, tidak tampak oleh indra manusia
  • Selalu taat dan patuh kepada Allah
  • Tidak mempunyai nafsu
  • Berada di langit dan bisa turun ke bumi dengan kehendak Allah
  • Tidak akan mencelakakan manusia selama manusia berbuat kebajikan

JIN:

Jin/setan juga merupakan makhluk Allah, tetapi mereka selalu ingkar kepada perintah Allah. karena kesombongannya itu mereka di usir dari surga , mereka menganggap bahwa dirinya lebih baik dan tak mau menuruti perintah Allah untuk bersujud kepada nabi Adam.

Berikut adalah ciri cirinya:

  • Diciptakan dari api
  • Jin ada yang beriman dan ada kafir kepada Allah
  • Jin ada yang taat dan ada pula yang mengingkari kepada perintah Allah
  • Memiliki hawa nafsu
  • Selalu berusaha menjerumuskan manusia

MANUSIA:

Manusia kita adalah manusia tapi apa itu manusia ? Nah manusia adalah mahkluk Allah yang paling sempurna dan sebagai penghuni bumi.

Atas janji Allah, manusia akan di tinggikan derajat nya jika dia benar-benar beriman dan bertakwa kepada allah. Berikut ciri-cirinya:

  • Diciptakan dari tanah
  • Wujud aslinya dapat dilihat dan diraba
  • Ada yang patuh dan ada yang ingkar kepada Allah
  • Mempunyai kehendak / nafsu
  • Bertempat / hidup di bumi

Waktu Malaikat Menampakkan Wujudnya Di Dunia

waktu malaikat turun ke bumi
pixabay.com

1. Ketika Mengantar Makanan Untuk Siti Maryam

Ibunda Nabi Isa, Siti Maryam pernah tinggal di Baitul Maqdis. Saat itu orangtua Siti Maryam menitipkan Siti Maryam kepada pamannya, yaitu Nabi Zakaria. Kemudian Nabi Zakaria membuatkan sebuah kamar khusus untuk Siti Maryam di Baitul Maqdis.

Jika Nabi Zakaria pergi keluar, Nabi Zakaria selalu mengunci kamar itu sehingga Siti Maryam tidak bisa pergi ke mana-mana.

Setiap hari yang dilakukan Siti Maryam di dalam kamar itu adalah beribadah dan berdoa kepada Allah Swt.Nabi Zakaria, paman Siti Maryam, sering melihat makanan di kamar Siti Maryam.

Ternyata, makanan itu diantar Malaikat Jibril atas izin dari Allah SWT.

2. Ketika Bertemu Nabi Luth

Allah SWT pernah suatu ketika mengutus dua malaikat-Nya untuk datang bertamu ke rumah Nabi Luth. Kedua malaikat itu menyamar menjadi pemuda yang berwajah tampan.

Istri Nabi Luth yang ingkar kemudian memberitahu kaumnya tentang kedatangan dua tamu itu. Nama kaum Nabi Luth yang ingkar itu adalah kaum Sodom.

Mereka menyukai perkawinan sesama jenis. Mereka kemudian meminta Nabi Luth untuk menyerahkan kedua tamu itu.

Mereka menjadi marah saat Nabi Luth menolak permintaan mereka. Kemudian istri Nabi Luth dan kaum Sodom yang ingkar mendapat siksa dari Allah SWT.

Kaum nabi Luth tidak mengetahui bahwa sesungguhnya kedua pemuda itu ternyata malaikat.

3. Ketika Menyucikan Hati Nabi Muhammad

Allah SWT pernah mengutus Malaikat Jibril dan Mikail pada saat Nabi Muhammad masih kecil. Saat itu Nabi Muhammad sedang asyik bermain dengan teman-temannya. Kedua malaikat itu menyamar menyerupai manusia.

Mereka membawa Muhammad ke sebuah kebun. Mereka mengambil dan membersihkan hati Muhammad dari kotoran-kotoran sifat manusia. Setelah itu hatinya dikembalikan lagi ke tempatnya semula. Lalu Allah SWT memberikan kesucian pada Nabi Muhammad.

Penutup

Alhamdulillah, pembahasan tentang sifat-sifat malaikat telah selesai, semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih telah membaca.

Dabith Sibghotullah Penulis bernama lengkap Muhammad Dabith Sibghotullah. Biasa dipanggil dengan mas Dabith, atau ketika dulu di pesantren dapet panggilan mas Dabay yang mempunyai makna filosofinya tersendiri. Tapi sebenarnya lebih senang kalau di panggil sayang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *