Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

Penjelasan Sifat Wajib, Sifat Mustahil, Dan Sifat Jaiz Rosul

4 min read

Sifat Jaiz Rosul

Nabi dan Rosul Allah juga mempunyai sifat sifat yang perlu kita ketahui, yaitu dari sifat wajib, sifat mustahil, sampai sifat jaiz Rosul.

Salah satu rukun iman yaitu beriman kepada Rosul-Rosul Allah. Iman kepada Rasul adalah meyakini bahwa Rasul adalah utusan Allah untuk mengajak umatnya kejalan yang benar.

Nah artikel kali ini berisi tentang penjelasan sifat sifat Nabi dan Rosul Allah SWT.

Selamat membaca, jangan lupa membaca bismillah.

Rasulullah bersabda “Tiap-tiap pekerjaan, kalau tidak dinulai dengan basmallah, dengan nama Allah, maka ia akan terputus keberkahannya.” (HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah)

 

Sifat-Sifat Rosul (Sifat Wajib Rosul, Sifat Mustahil Rosul, Sifat Jaiz Rosul)

sifat-sifat rosul
source: pixabay.com

Selain mempunyai mukjizat, Nabi dan Rosul mempunyai sifat-sifat mulia yang disebut sifat wajib. Sifat ini merupakan karunia yang diberikan oleh Allah SWT kepada para Nabi dan Rosul yang melekat pada kepribadian mereka agar bisa menjadi teladan untuk umat manusia.

Sifat wajib ini menjadi bukti bahwa Nabi dan Rosul merupakan manusia pilihan Allah SWT yang maksum (terjaga) dari perbuatan-perbuatan yang tidak baik.

Ada juga sifat-sifat yang mustahil dimiliki oleh Nabi dan Rosul. Sifat mustahil ini menjadi lawan dari sifat-sifat wajib, sifat mustahil inilah yang harus di hindari oleh kita sebagai umat manusia.

Selain itu Nabi dan Rosul juga mempunyai sifat jaiz yaitu sifat yang dimiliki oleh manusia normal pada umumnya.

 

Berikut ini adalah penjelasan sifat-sifat Nabi dan Rosul

 

Sifat Wajib Rosul

Sifat Jaiz Rosul
source: pixabay.com

Nabi dan Rosul dikaruniakan oleh Allah empat sifat wajib yang ada pada diri mereka, yang mana empat sifat wajib ini bisa menjadi contoh yang baik untuk seluruh umat manusia.

Sifat wajib tersebut antara lain:

  1. Shiddiq berarti jujur atau benar.

Artinya Nabi dan Rosul dijaga oleh Allah SWT dalam hal kejujuran dan kebenaran perkataannya.

Sifat ini dimiliki oleh seluruh Nabi dan Rosul Allah yang artinya jujur atau benar, karena setiap Nabi dan Rosul selalu dilindungi dan dijaga semua kelakuan, perkataannya oleh Allah SWT agar selalu dalam kebenaran, kebaikan dan kejujuran.

Mereka termasuk orang-orang yang telah diutus oleh Allah SWT untuk umatnya, sehingga mereka tidak pernah berbohong dalam berkata apalagi menyampaikan perihal risalah agama.

  1. Amanah berarti dapat dipercaya.

Amanah dalam bahasa arab artinya dapat dipercaya. Maksud dari sifat amanah yaitu setiap Nabi dan Rosul adalah seorang yang dapat dipercaya dalam menyampaikan wahyu dari Allah kepada umat manusia.

Dengan sifat amanah yang dimiliki oleh Nabi dan Rosul, maka nabi dan rasul menyampaikan wahyu Allah dengan tanpa mengurangi atau menambahnya. Dan Nabi dan Rosul tidak pernah sama sekali ingkar dan berdusta.

  1. Tabligh berarti meyampaikan.

Tabligh dalam bahasa arab artinya menyampaikan. Maksud dari sifat tabligh adalah para Nabi dan Rosul wajib menyampaikan wahyu atau ajaran-ajaran agama islam yang telah diturunkan oleh Allah SWT kepadanya.

Karena terpilihnya para Nabi dan Rosul adalah untuk menyampaikan wahyu yang Allah turunkan kepada mereka untuk menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat manusia.

  1. Fathonah berarti pandai atau cerdas.

Fathonah dalam bahasa arab artinya pandai atau cerdas. Maksud fathonah adalah seluruh Nabi dan Rosul Allah mempunyai sifat yang pandai dan cerdas agar dapat menyampaikan penjelasan-penjelasan yang berkaitan dengan agama islam.

Dengan memiliki kecerdasan dan kepandaian maka para Nabi dan Rosul bisa dengan cepat memahami wahyu dari Allah. Para Nabi dan Rosul juga pandai dalam menyampaikan dan mengajarkan wahyu dari Allah kepada umat manusia.

Apalagi ketika para Nabi dan Rosul harus menjelaskan kepada para penentangnya. Sangat perlu kehati-hatian dalam menyampaikan ajaran islam agar mereka dapat menerima dan mengerti apa yang disampaikan.

 

Sifat Mustahil Rosul

Sifat Jaiz Rosul
source: pixabay.com

Selain sifat wajib yang dimiliki oleh Nabi dan Rosul. Mereka juga memiliki sifat mustahil yang menjadi kebalikan dari sifat wajib dan sifat ini tidak mungkin dimiliki oleh Nabi dan Rosul sebagai utusan Allah.

Berikut adalah 4 sifat mustahil Nabi dan Rosul:

  1. Kidzib berarti dusta atau bohong.

Sifat ini tidak mungkin dimiliki oleh Nabi dan Rosul Allah. Karena Nabi dan Rosul Allah terjaga (maksum) dari sifat tersebut. Setiap perkataan yang keluar dari Nabi dan Rosul adalah benar adanya.

  1. Khianat berarti tidak dapat dipercaya.

Nabi dan Rosul adalah utusan Allah untuk menyebarkan agama islam di bumi. Dan mustahil jika Nabi dan Rosul Allah mempunyai sifat khianat. Karena mereka adalah manusia pilihan.

  1. Kitman berarti menyembunyikan.

Sifat kitman (menyembunyikan) ini juga tidak mungkin dimiliki oleh para Nabi dan Rosul. Karena apa yang Allah turunkan pasti akan di sampaikan kepada seluruh umat manusia. Nabi dan Rosul menyampaikan ajaran islam dalam kondisi yang sudah tepat sesuai konteks yang terjadi pada umatnya.

  1. Baladah berarti bodoh.

Nabi dan Rosul tidak mungkin memiliki sifat baladah, karena Nabi dan Rosul memiliki pribadi yang sangat cerdas, baik dari sisi logika berpikir, emosional dan tentu saja spiritual. Kecerdasan yang dimiliki oleh Nabi dan Rosul adalah kecerdasan yang paripurna.

Perbandingan Sifat Wajib Dan Sifat Mustahil Bagi Nabi Dan Rosul.

sifat jaiz rosul pebandingan sifat
source: pixabay.com

Seorang Nabi dan Rosul memiliki sifat wajib dan sifat mustahil sebagaimana yang telah di jelaskan diatas. Bila dirangkum maka sifat-sifat tersebut perlawanannya sebagai berikut:

  1. Sifat shiddiq berlawanan dengan sifat kidzib

Salah satu sebab agar dipercaya oleh orang lain adalah kejujuran atau berkata benar. Sehingga sangat tidak mungkin orang yang sudah dipilih Allah SWT untuk menyampaikan ajaran-Nya memiliki sifat kidzib.

  1. Sifat amanah berlawanan dengan sifat khianat

Para Nabi dan Rosul selalu menjalankan perintah yang diberikan oleh Allah SWT. Mereka tidak pernah melanggar perintah Allah dan tidak pernah menyimpang dari ajaran-Nya.

  1. Sifat tabligh berlawanan dengan sifat kitman

Wahyu yang diterima oleh para Nabi dan Rosul dari Allah SWT, seluruhnya akan disampaikan kepada umatnya. Tidak ada satupun ajaran islam yang disembunyikan untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia.

  1. Sifat fathonah berlawanan dengan sifat baladah

Tidak ada Nabi dan Rosul yang mempunyai sifat baladah atau bodoh. Karena para Nabi dan Rosul diberikan karunia oleh Allah SWT akal dan pikiran yang cerdas. Cerdas dalam berdiskusi, menjawab pertanyaan, strategi dakwah dan lain-lainnya.

 Sifat Jaiz Rosul

sifat jaiz rosul
source: pixabay.com

Selain memiliki sifat wajib dan sifat mustahil, Nabi dan Rosul juga memiliki sifat jaiz Rosul.

Sifat jaiz Nabi dan Rosul ini berbeda dengan sifat jaiz yang dimiliki oleh Allah SWT.

Sifat jaiz  bagi Nabi dan Rosul ini merupakan sifat kemanusiaan, yaitu  al-ardul basyariyah , artinya Rosul memiliki sifat-sifat sebagaimana manusia biasa lainnya seperti rasa haus, lapar, senang, sedih, kantuk, dan lain sebagainya.

Setiap Nabi dan Rosul juga akan meninggal sebagaimana makhluk lainnya.

Nabi dan Rosul juga memiliki sifat-sifat yang tidak terdapat pada manusia biasa, yaitu ishmaturrasul dan iltizamurrasul.

Ishmaturrasul adalah orang yang maksum, terjaga dari dosa dan salah.

Iltizamurrasul adalah orang yang selalu komitmen dengan apa yang diajarkan. Mereka menerima dan berdakwah sesuai dengan perintah Allah SWT.

 

Penutup

sifat jaiz rosul

Alhamdulillah akhirnya penaqolbi bisa berbagi ilmu tentang penjelasan-penjelasan terkait sifat-sifat yang dimiliki oleh Nabi dan Rosul Allah. silahkan bisa cek artikel tentang 25 nama nama nabi

Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *