Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

√ Tulisan Arab Alhamdulillah, Keutamaan dan Penjelasannya

3 min read

tulisan arab alhamdulillah

Tulisan Arab Alhamdulillah, Menjadi seorang muslim yang taat, kita harus pandai-pandai dalam mensyukuri segala nikmat yang telah Allah karuniakan kepada kita. Salah satu cara untuk bersyukur terhadap nikmat yang telah Allah berikan yaitu dengan mengucap Alhamdulillah.

Bacaan tahmid atau Alhamdulillah (الحَمْدُ لله) merupakan kalimat yang mulia. Di dalamnya terkandung makna yang mengagungkan Allah sang pencipta alam semesta.

Sebagai umat islam sudah sewajarnya jika kita harus memahami kalimat tersebut baik dari segi tulisan dan maknanya dengan benar.

Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana tulisan arab alhamdulillah yang baik dan benar serta keutamaan-keutamaannya.

Tulisan Arab Alhamdulillah Yang Baik dan Benar

tulisan arab alhamdulillah

Tulisan Alhamdulillahirabbil Alamin Hamdan Syakirin:

Berikut ini tulisannya:

الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ حَمْدًا شَا كِرِيْنَ

Artinya: “Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, pujian orang-orang yang bersyukur.”

Tulisan Arab Alhamdulillahirobbil Alamin Arrahmanirrahim

Sedangkan di surat Al Fatihah, tulisannya sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ – الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Artinya: “Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta alam, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Kalimat tersebut merupakan ayat kedua dan ketiga dari surat alfatihah.

Tulisan Arab Alhamdulillah Wa Syukurillah

Yang lebih tepat adalah alhamdulillah wassyukru lillah, dengan bahasa arab sebagai berikut:

الْحَمْدُ لِلّٰهِ وَالشُّكْرُلِلّٰهِ

Artinya segala puji bagi Allah dan syukur juga bagi Allah.

Tulisan Arab Alhamdulillah Ala Kulli Hal

الْحَمْدُ لِلّٰهِ عَلٰى كُلِّ حَالٍ

Artinya: “Segala Puji Bagi Allah, atas setiap keadaan.”

Arti alhamdulillah sendiri dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai: “Segala Puji bagi Allah.”

Jika anda hanya memerlukan kalimat singkat (yang dalam bahasa Arab disebut dengan jumlah) alhamdulillah saja maka tulisannya adalah sebagaimana dibawah ini.

اَلْحَمْدُ لِلهِ

Sedangkan untuk tulisan arab lengkap alhamdulillahi robbil alamiin jika ditulis lengkap dengan harakat serta syakalnya adalah sebagai berikut ;

اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْن

Ada juga yang memerlukan penulisan tahmid diatas tanpa syakal harakat, berikut cara penulisan hamdalah tanpa harakat syakal

Alhamdulillah:

الحمد لله

Alhamdulillahirobbil ‘alamiin tanpa harakat:

الحمد لله رب العالمين

Itulah penulisan tahmid lengkap dan benar baik dengan syakal harakat ataupun tanpa menggunakan harakat.

Bacaan Tahmid Panjang

الحَمْدُ لله رَبِّ العَالَمِيْنَ وَبِه نَسْتَعِيْـنُ عَلـى أُمُـوْرِ الدُّنْيَـا وَالدِّيْـنِ

Alhamdulillahi rabbil alamin wabihi nasta’inu ala umuriddunya waddin

“Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, dan kepada-Nya kita meminta pertolongan atas segala urusan dunia dan agama.”

الحَمْدُ لله رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّـلَاةُ وَالسَّـلَامُ عَلى أَشْـرَفِ الأَنْبِيَـاءِ وَالمُرْسَلِيْـنَ

Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil anbiyai wal mursalin

“Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, do’a dan keselamatan semoga terlimpah kepada Nabi dan Rasul paling mulia.”

Baca Juga: Tulisan Arab Bismillah

Kalimat Alhamdulillah Di Dalam Alquran

tulisan arab alhamdulillah

Dalam bahasa Arab kata “Pujian” disebutkan dengan kata “Al-hamdu” yang terdiri dari lima huruf, yakni alif, lam, hah, mim, dan dal. Ada lima surah yang diawali dengan kata “Al-hamdu” di dalam Alqruan.

Kelima surah tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pertama, surah Alfatihah

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

“Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam”

  • Kedua, surah Al-An’am

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمٰتِ وَالنُّوْرَ ەۗ ثُمَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُوْنَ

“Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi, dan menjadikan gelap dan terang, namun demikian orang-orang kafir masih mempersekutukan Tuhan mereka dengan sesuatu.”

  • Ketiga, surah Al-Kahf

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ عِوَجًا ۜ

Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepada hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok;

  • Keempat, surah Saba’

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ وَلَهُ الْحَمْدُ فِى الْاٰخِرَةِۗ وَهُوَ الْحَكِيْمُ الْخَبِيْرُ

“Segala puji bagi Allah yang memiliki apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan segala puji di akhirat bagi Allah. Dan Dialah Yang Mahabijaksana, Mahateliti.”

  • Kelima, surah Fathir

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ فَاطِرِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ جَاعِلِ الْمَلٰۤىِٕكَةِ رُسُلًاۙ اُولِيْٓ اَجْنِحَةٍ مَّثْنٰى وَثُلٰثَ وَرُبٰعَۗ يَزِيْدُ فِى الْخَلْقِ مَا يَشَاۤءُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

“Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Makna Tulisan Arab Alhamdulillah

tulisan arab alhamdulillah

Al” pada kata alhamdulillah merupakan “al” yang berfungsi sebagai istighraq atau (menghabiskan), oleh karena itu terjemahan dari kata alhamdulillah adalah “segala puji bagi Allah SWT, bukan pujian untuk Allah.”

Adapun maksud segala puji bagi Allah SWT adalah bahwa semua pujian yang diucapkan itu pasti kembalinya kepada Allah SWT, baik pujian itu dari Allah SWT, untuk Allah SWT.

Seperti di dalam ayat-ayat Al-Qur’an sebagaimana ayat-ayat tersebut di atas adalah firman Allah SWT, yang memuji zat-Nya sendiri.

Atau pujian dari Allah SWT kepada makhlukNya, maka pujian itu pun sejatinya adalah pujian untuk Allah SWT. Seperti Allah SWT ketika memuji Nabi Muhammad SAW, maka sesungguhnya pujian itu kembali kepada Allah SWT, yang telah menciptakan Nabi Muhammad SAW.

Atau pujian dari makhluk kepada Allah SWT, seperti kita sering memuji kebesaran Allah swt. Yang telah menciptakan bumi dan seisinya, maka pujian itu kembali kepada Allah SWT.

Dan atau pujian dari makhluk kepada makhluk lainnya, seperti kita sering memuji teman kita yang cantik, tampan, pintar, dan sebagainya, maka sejatinya kita pun sedang memuji Allah SWT, yang telah menjadikan teman kita itu cantik dan seterusnya.

Dengan demikian, maka segala pujian itu pasti pada hakikatnya adalah untuk Allah SWT, sehingga sangat tidak pantas bagi kita untuk menyombongkan diri atas pujian yang kita terima, karena pujian itu adalah milik Allah SWT. Wa Allahu a’lam bis shawab.

Keutamaan Alhamdulillah

tulisan arab alhamdulillah

Kalimat alhamdulillah tentunya memiliki keutamaan yang tinggi jika kita selalu istiqomah mengamalkannya, karena selain kalimat yang menunjukan rasa syukur, kalimat alhamdulillah ini bisa membawa kita pada kezuhudan.

Berikut ini keutamaan-keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan membaca kalimat alhamdulillah. Diantaranya:

  • Doa yang Paling Utama: alhamdulillah merupakan doa yang paling mudah diucapkan dan menjadi kalimat yang utama agar permohonan bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Sebaik-baik doa yaitu mengucapkan kalimat tahmid.
  • Dzikir Setelah Sholat: alhamdulillah merupakan salah satu dzikir yang disunnah kan setelah melaksanakan sholat. Sebagai bentuk pujian kepada Allah serta rasa syukur dengan cara mengagungkan Kebesaran-Nya.
  • Sebagai Kalimat Pembuka Khutbah: Saat khotib mulai naik mimbar untuk melaksanakan khutbah jumat, kalimat pertama yang diucapkan ialah kalimat tahmid.
  • Kalimat Pembukan Khutbah Akad Nikah: Acara akad nikah ialah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan didahului dengan mengucapkan khutbatunnikah.
  • Kalimat Ampunan Dosa: Jika kita ingin bertaubat agar diampuni seluruh dosa-dosanya hendaknya membaca dzikir yaitu kalimat tasbih, tahmid dan takbir.
  • Bacaan Ketika Bersin: Allah menyukai bersin dan benci orang yang menguap. Maka apabila ada orang yang bersin, maka hendaknya mengucapkan kalimat alhamdulillah.
  • Doa Setelah Selesai Makan: Ketika kita selesai makan, maka sebaiknya mengucapkan kalimat Alhamdulillah sebagai ucapan rasa syukur atas rizqi yang diberikan Allah.
  • Doa Pekerjaaan Telah Selesai: Supaya pekerjaan yang kita lakukan diridhoi Allah, hendaknya kita selalu mengucapkan kalimat syukur atau dengan arti alhamdulillah.

Jabir bin Abdullah berkata: “Saya pernah mendengar Rasulullah saw bersabda: “Sebaik-baik bacaan dzikir yaitu: Laa ilaaha illallaah, kemudian: alhamdulillaah” (Hadits Riwayat. Turmudzi).

Akhir Kata

Alhamdulillah pembahasan tentang keutamaan dan tulisan arab alhamdulillah telah selesai, semoga kita dapat mengambil pelajarannya. amiin

Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *