Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

√ Inilah Contoh Tulisan Arab Bismillah Yang Benar

10 min read

tulisan arab bismillah

Tulisan Arab Bismillah – Lafadz basmalah adalah bacaan pembuka dari surat yang ada di dalam Al-Quran yang berada di awalan setiap surat kecuali surat At-Taubah.

Bismillah juga sering dilafadzkan oleh seorang muslim atau muslimah kompilasi untuk melakukan ibadah, sholat, makan dan kegiatan yaumiyah lainya.

Lantas seperti apakah tulisan arab bismillahirrahmanirahim. Berikut tulisan arab bismillah dari yang biasa sampai yang kaligrafi bismillah dan juga penjelasanya.

Tulisan Bismillah Arab dan Artinya

tulisan arab bismillah
qazwa.id

Biasanya banyak orang mencari tulisan bismillah untuk di copy paste atau ingin mengetahui arti dari kata bismillah. Seringkali kita mengucapkan kata bismillah, tetapi banyak juga yang belum mengetahui tulisan dari kata bismillah.

Di bawah ini akan diberikan contoh dari kata bismillah beserta artinya:

Tulisan Arab “Bismillahirrahmanirrahim

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim

بسم الله الرحمن الرحيم

Tulisan Arab Bismillah

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Bismillah artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang”

Tulisan Arab Bismillah dan kata Lainnya:

Tulisan Arab “Bismillahirrahmanirrahim

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim

بسم الله الرحمن الرحيم

Tulisan Bismillah

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Tulisan Arab “Allah”

اَللّهُ

Muhammad

مُحَمَّد

Alhamdulillah

اَلْحَمْدُلِلّهِ

Astaghfirullah

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ

Arab InsyaAllah

اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Masya Allah

مَاشَآءَاللّهُ

Marhaban ya Ramadhan

مَرْحَبًا يَا رَمَضَان

Idul Fitri Mubarak (selamat idul fitri)

عيد فطر مبارك

Minal ‘aidin wal faidzin

مِنَ العَائِدِيْنَ وَ الفَائِزِيْنَ

taqabalallahu minna wa minkum

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّ وَ مِنْكُمْ

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Waalaikumusalam Warahmatullahi Wabarakatuh

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

laa haula wa laa quwwata illa billah

لاَ هَوْلَ وَلاَ قُوَّتَ اِلاَّبِاللّهِ

subhanallah

سُبْحَانَ اللّهُ

Subhanallah

سُبْحَانَ اللّهُ

laa ilaaha illallah

لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ

Allahu Akbar

اَللّهُ اَكْبَرُ

masya Allah

مَاشَآءَاللّهُ

Salawat atas Nabi Muhammad

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّد

Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam

نبي محمد صلى الله عليه وسلم

Halal

حَلاَلً

Haram

حَرَمً

Innalillahi wa inna ilaihi raajiuun

اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ

Insya Allah

اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Ahlan wa sahlan

اَهْلاًوَسَهْلاً

Jazakallah

جَزَاكَ اللّهُ

Jazakillah

جَزَاكِ اللّهُ

Jazakumullah

جَزَاكُمُ اللّهُ

Amin

آمِّينَ

Amin Ya Rabbal ‘Alamin

اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Lafadz takbiran

اَللّهُ اَكْبَرُ ، اَللّهُ اَكْبَرُ ، اَللهه اَكْبَرُ ، لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ اَللّهُ اَ

‘aid miilaad sa’iid (ucapan “selamat ulang tahun” dalam bahasa Arab)

عيد ميلاد سعيد

Penjelasan Kata Bismillah

tulisan arab bismillah
aliexpress.com

Firman allah:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”

Jar majrur (bi ismi) di awal ayat terkait dengan kata kerja yang dihapus sesuai dengan jenis kegiatan yang sedang dikerjakan. Contohnya saja kompilasi kamu sedang membaca basmalah saat mau tidur, maka takdir kalimatnya adalah: “dengan menyebut nama allah aku tidur”.

Kita katakan (dalam bahasa Arab kaidah) bahwa jar majrur harus memiliki keterkaitan dengan kata yang tersembunyi karenanya, sebab itu mengandung ma’mul. Sementara setiap ma’mul wajib memiliki ‘amil.

Ada dua fungsi mengapa kita meletakkan kata kerja yang tersembunyi tersebut di belakang:

Tabarruk (mengharap berkah) dengan mendahulukan asma Allah azza wa jalla. Restriksi maksud, karena mengatur ‘amil dibelakang mengerjakan tugas makna. Seolah kau berucap: “Aku mau makan dengan menyebut nama untuk mengharap berkah dan meminta pertolongan darinya selain nama Allah azza wa jalla“.

Kata tersembunyi tersebut kita ambil dari kata kerja ‘amal (dalam istilah nahwu) tersebut pada kata asalnya sebagai kata kerja. Seorang ahli nahwu berhasil mempelajari kesulitan ini. Oleh sebab sebab kata kata benda tidak bisa menjadi.

Lalu kenapa kita katakan: “kata kerja setelah disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang sedang dikerjakan”, jadi lebih tepat untuk yang diminta. Alasan tersebut, rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang belum menyembelih, Maka apabila menyembelih baiknya dia menyembelih dengan menyebut Nama Allah” atau: “hendaklah dia menyembelih Atas Nama allah”
Kata kerja, ‘menyembelih’, disebutkan Beroperasi khusus disini.

  • Lafzhul Jalalah (اللهِ)

Lafzhul Jalalah adalah nama untuk Allah SWT, selain allah tidak boleh diizinkan nama meminta. Nama ‘Allah adalah asal, dan nama-nama allah selainnya adalah tabi‘ (cabang darinya).

  • Ar-Rahmaan (الرَّحْمنِ)

Ar-rahmaan berarti Yang Maha Pengasih dengan sangat luas. Maka dari itu, disetujui pada wazan fa’laan, yang menyatakan keluasannya.

  • Ar-Rahiim (الرَّحِيمِ)

Ar-Rahiim berarti Yang Maha Penyayang untuk hamba-hamba yang dikehendakinya. Oleh sebab itu, dinyatakan pada wazan fa’iil, yang menunjukkan sudah terlaksananya curahan terima kasih itu.

Di sini ada dua penunjukan kasih sayang, yakini kasih sayang sifat sifat Allah, seperti yang terkandung pada nama ‘ar-rahman‘ dan terima kasih sayang yang merupakan perbuatan Allah SWT, yaitu memberikan kasih sayang untuk orang-orang yang disayanginya, seperti yang terdapat pada nama ‘ar-rahiim‘.

Kesimpulannya, Ar-Rahmaan dan Ar-Rahiiim itu adalah dua asma ‘Allah SWT yang menunjukkan dzat atau sifat terima kasih serta pengaruhnya, yaitu hikmah yang merupakan hasil dari sifat ini.

Kasih sayang yang Allah SWT ada pada miliknya memiliki sifat yang hakiki berdasarkan dalil wahyu dan akal sehat.

Dan untuk dalil wahyu, seperti yang sudah tertera di dalam Al-Quran dan As-Sunnah perihal penetapan sifat Ar-Rahmah (terima kasih) untuk allah, dan itu banyak sekali.

Baca Juga: Pengertian Al Quran

Untuk dalil akal sehat, semua nikmat yang kita terima serta musibah dan cobaan yang terhindar dari kita adalah salah satu verifikasi terima kasih sayang allah untuk kita.

Banyak juga orang yang tidak percaya dengan sifat kasih Allah SWT yang hakiki ini. Mereka memaknai kasih sayang ini dengan bantuan nikmat atau kehendak memberi nikmat. Bagi akal mereka tidak mungkin allah punya sifat kasih sayang. Mereka berkata:

“Alasannya, sifat kasih sayang menunjukkan adanya kecondongan, kelemahan, ketundukan serta kelunakan. Dan itu semua tidak pas untuk allah”.

Bantahan terhadap mereka dari dua sisi:

Kasih sayang ini tak selalu menantang ketundukan, rasa iba dan kelemahan. Kita melihat saja para pemimpin yang kuat, mereka memiliki kasih sayang tanpa perihal itu lengkap.

Maka hanya berlaku pada sifat terima kasih yang dipunyai peran kalaupun hal itu merupakan pertimbangan sifat terima kasih. Al-Khaliq adalah yang sesuai dengan kemahaagungan, kemahabesaran dan kekuasannya. Karakteristik yang tidak akan berkonsekuensi negatif dan cela sama sekali.

Kemudian kita katakanlah kepada mereka: Sebenarnya sehat sudah ada.

Pemandangan yang sering kita saksikan pada pertemuan hidup, berbentuk kasih sayang di antara mereka, jelas terlihat sebagai milik kasih sayang Allah.

Kasih sayang Allah memiliki sifat yang sempurna. Dan Allah lebih berhak memiliki karakteristik yang sempurna.

Contohnya saja turun musim panen, terima kasih sayang allah hasilkan para petani yang panenkan bisa memenuhi kebutuhan banyak orang.

Anehnya lagi, orang-orang yang tidak mempercayai sifat terima kasih Allah yang berhakiki dengan alasan tak dapat diterima dengan baik sesuai dengan akal, memahami sifat iradah (berkehendak) yang hakiki dengan argumen Allah SWT.

Mereka menganggap: “keistimewaan yang diberikan kepada sebagian besar yang menentukannya dengan yang lain menurut akal yang menunjukkan karakteristik iradah”.

Tak syak lagi perihal ini benar. Bakal tetapi hal ini lebih samar disebanding dengan tanda-tanda keberadaan terima kasih sayang allah. Karena hal ini bebas dipahami oleh orang-orang cerdas.

Adalah tanda-tanda terima kasih Allah SWT mampu dipercaya oleh semua orang, tidak terkecuali orang awam.

Kalau kamu bertanya kepada awam tentang hujan yang turun tadi malam: “Terima kasih sudah turun hujan tadi malam?” Dia tentu menjawab: “terima kasih karunia Allah SWT dan rahmatnya”.

Keutamaan Bismillah

tulisan arab bismillah

Berikut beberapa keutamaan membaca bismillah:

1. Pembukaan Alquran

  • Allah membuka kitabnya yang paling agung yaitu alquran dengan lafadz basmallah, demikian pula semua surat dalam diawali dengan basmallah, kecuali surat At Taubah,
  • Rosulullah SAW mengawali surat yang beliau kirim ke beberapa Raja untuk mengajak islam dengan lafadz basmallah, seperti surat yang beliau kirim ke Raja Heraklius.
  • Basmallah merupakan surat isi surat yang dikirim oleh nabi sulaiman kepada ratu saba’ yang ketika itu masih menyembah matahari. Allah Swt berfirman menceritakan kisah mereka yang artinya, “Sang Ratu berkata: wahai para menteri, saya mendapatkan sepucuk surat yang mulia, surat itu dari Sulaiman, isinya, bismillahirrahmanirrahim, janganlah kalian bersikap sombong dihadapanku dan datanglah kepadaku dengan tunduk QS An Naml 29-31
  • Bacaan basmallah menjadi pemula untuk berbagai bentuk ibadah seperti wudhu, atau mandi dan tayamum, menurut pendapat sebagai ulama. Dari abu hurairah R.a Nabi SAW bersabda, yang artinya “Tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah (membaca basmallah). (HR Abu Daud)

2. Perlindungan Dari Setan Ketika Makan.

Orang yang makan atau minum dengan didahului dengan membaca basmallah sebelumnya, maka setan tidak mampu untuk turut memakannya.

Dari Aisyah RA Rasulullah bersabda, apabila salah seorang diantara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah SWT, jika ia lupa untuk menyebut nama Allah SWT di awal, hendaklah ia mengucapkan: (bismillahi awwalahu wa akhirahu dengan nama Allah pada awal dan akhirnnya)  (HR Abu Daud dan At Tirmidzi)

3. Penjagaan Dari Gangguan Setan Ketika Berhubungan Badan.

Dari Ibnu Abbas RA bahwa Nabi SAW bersabda, yang artinya, jika salah seorang dari kalian (suami) ketika ingin menggauli istrinya, dan ia membaca doa: “Dengan menyebut nama Allah…dst, kemudian Allah menakdirkan (lahirnya) anak dari hubungan intim tersebut. Maka setan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Penghalang Antara Pandangan Jin dan Aurat Manusia.

Kita tidak bisa melihat jin, namun jin bisa melihat kita dalam semua keadaan. Tidak segan-segan, jin yang kurang bertanggung jawab, juga akan melihat kita dalam posisi ketika tidak berbusana. Untuk menanggulangi hal ini, Rosulullah SAW mengajarkan agar ketika buka pakaian, kita tidak lupa membaca basmallah.

Dari Ali Bin Abi Thalib RA Nabi bersabda, yang artinya, “Penghalang antara mata jin dengan aurat bani adam, apabila kalian masuk kamar kecil, ucapkanlah bismillah” (HR Tirmidzi)

Kata-kata Tentang Bismillah

tulisan arab bismillah
etsy.com

“Awali hari dengan senyuman, mulai langkah dengan Bismillah, dan semoga Allah limpahkan berkah”

“Bismillah, Allah tidak pernah memilih waktu untuk mendengar, tapi manusia sering memilih waktu untuk berdoa”

“Awali semuanya dari kata bismillah, lakukan dengan kata ikhlas dan akhiri dengan Alhamdulillah”

“Bukan bahagia yang menjadikan kita bersyukur. Tetapi dengan bersyukur akan menjadikan hidup kita bahagia. Selamat beraktivitas semuanya. Muai lah langkah Anda dengan Bismillah dan senyum bahagia”

“kupinang kau dengan Bismillah untuk nantinya bisa kau lengkapi dengan Alhamdulillah”

“Bismillah, optimis dan tawakkal, insyaallah harimu akan berkah”

“semangat bagi yang sedang mencari rizki, bismillah semoga di permudah”

“Alhamdulillah untuk hari ini, bismillah untuk hari esok”

“Bismillah, mari kita awali hari dengan penuh harap bahwa Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita”

“Semua yang di niatkan dengan bismillah, insyaallah tidak akan mundur di tengah-tengah”

“Jangan lupa baca bismillah untuk hari yang hebat dan semangat kuat”

“Bismillah, lahir Lillah, hidup Lillah, matipun Lillah. Dari Allah, Buat Allah, Untuk Allah”

“Apapun Masakannya, ucapkan bismillah ketika hendak memakannya”

“Mulakan hari ini dengan Bismillah dan senyuman”

Kata Bismillah Menurut Ahli

tulisan arab bismillah
seruni.id

Para ahli tafsir menyebutkan, ada empat makna yang terkandung dalam kata basmallah ini, antara lain:

  • Pertama, kata “bi” dalam kalimat bismillah dikaitkan dengan ”kekuasaan dan pertolongan”, maka yang mengucapkan menyadari bahwa pekerjaan yang dilakukannya terlaksana atas kekuasaan Allah. Dia memohon pertolongan-Nya agar pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik dan lancar
  • Kedua, rahasia penting mengapa basmalah didahulukan disetiap Hal itu erat kaitannya dengan prinsip tauhid ”laa-ilaha- illa-Allah”. Yaitui, dengan menjadikan Allah sebagai sebab utama dalam semua tindak perbuatan.
  • Ketiga, Allah merupakan Zat yang wajib ada, satu-satunya yang memiliki hak segenap pujian, dan nama teragung yang pernah ada. Dimana seorang Muslim menyebut nama Allah dalam basmalah, berarti dia telah mendeklarasikan nama termulia di alam
  • Keempat, terdapat dua sifat kesempurnaan yang ditekankan dalam kata basmalah, ar-Rahman dan ar-Rahim. Ar-Rahman yaitu curahan rahmat-Nya secara aktual yang diberikan di dunia ini kepada semua makhluk-Nya. Dan, ar-Rahim yaitu curahan rahmat-Nya di akhirat kelak kepada orang-orang yang beriman.

Gambar Tulisan Kaligrafi Bismillah Bahasa Arab

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Bentuk Burung

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Bentuk Kapal

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Bentuk Kuda

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Keren

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Unik

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Cantik

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Bentuk Hati

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Hiasan Dinding

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Bentuk Ornamen

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Indah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Bentuk Buah Jambu

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah Bentuk Bintang

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Dabith Sibghotullah Alumni UICCI (United Islamic Cultural Center of Indonesia). Seorang pejuang Qur'an. Penikmat dunia perindu surga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *